Kelurahan Dutulanaa Kembali Terima Bantuan Program Kotaku Rp 1 Miliar

Kelurahan Dutulanaa Kembali Terima Bantuan Program Kotaku Rp 1 Miliar

04/07/2021 21:11 0 By Maman

Bantuan Prgram Kotaku Dutulanaa

Bupati Gorontalo, Nelson Poalingo menyerahkan bantuan Program Kotaku sebesar Rp 1 Miliar. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Kelurahan Dutulanaa Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo kembali mendapatkan bantuan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), senilai Rp 1 Miliar.

Bupati Gorontalo, Nelson Pamalingo mengatakan, program kotaku sangat penting. Sebab, program tersebut berdampak pada keberhasilan lingkungan. Sehingga kawasan ini tak kumuh lagi.

“Jika lingkungan bersih, maka kita pun akan sehat, tak hanya itu, daerah ini tidak lagi kumuh, sehingga diharapkan, masyarakat tetap menjaga lingkungan tetap bersih,” kata Bupati usai menyerahkan bantuan program Kotaku, Minggu (04/07/2021).

Bupati juga mengatakan, pemerintah daerah memfasilitasi dalam rangka untuk menjaga masyarakat tetap sehat, dan bebas dari kawasan kumuh. Olehnya, dibutuhkan peran semua pihak termasuk masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Saya harap di Kabupaten Gorontalo tak ada lagi kawasan kumuh, untuk itu, peran masyarakat sangat penting dalam menjaga lingkungan ini, agar tetap bersih dan bebas kumuh,” harap Bupati.

Program Kotaku kata dia, merupakan program strategis Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam mempercepat penanganan permukiman kumuh di Kabupaten Gorontalo, serta mendukung Gerakan 100-0-100 yakni, 100% akses universal air minum, 0% permukiman kumuh, dan 100% akses sanitasi layak.

“Kami terus mendukung program Kotaku di Kabupaten Gorontalo, guna terwujudnya  permukiman perkotaan yang layak huni, produktif, dan berkelanjutan,” terang Bupati.

Sementara itu, Ketua BKM Pilar Dutulanaa, Suharto mengungkapkan, bantuan tersebut merupakan kedua kalinya. Bantuan itu akan dikelola oleh dua kelompok kerja, dalam bentuk swadaya masyarakat yaitu, BKM Pilar dan KSM Amanah.

“Nantinya anggaran ini akan digunakan untuk membangun fisik, yakni, pembangunan MCK, pembuatan IPAL, serta pembangunan paving jalan,” ungkapnya. (Pin/Adv)