Kemarau Panjang, Harga Rica Tembus Rp 100 Ribu per Kg

23/09/2019 15:00 0 By Alex

Harga cabai rawit atau rica di Gorontalo terus meroket karena musim kemarau belakangan ini.(f.dok Alex)

Hulondalo.id – Harga cabai rawit di sejumlah pasar tradisional Gorontalo kian meroket. Sampai hari ini, Senin (23/9/2019), harga bumbu pedas itu tembus hingga Rp 100 Ribu per Kg.

Seperti di pasar rakyat Limboto, kompleks shopping center Limboto, Kabupaten Gorontalo, harga cabai rawit atau rica itu sudah mencapai Rp 95 Ribu per Kg. Bahkan, ada sejumlah pedagang yang menjual hingga Rp 100 Ribu per Kg.

Kondisi harga cabai rawit tersebut sudah naik sejak beberapa hari terakhir ini. Selasa pekan lalu saja, (17/9/2019), harganya sudah mencapai kisaran Rp 75 Ribu sampai Rp 80 Ribu per Kg.

Umar Pou, salah seorang pedagang setempat mengakui jika kenaikan harga cabai rawit ini tidak lain dipengaruhi musim kemarau beberapa bulan terakhir ini. Petani maupun pengumpul, kata Umar, mulai kekurangan stok imbas kekeringan.

“Memang pak sudah beberapa hari ini naik terus. Kita juga tidak bisa bikin apa-apa,” ungkap Umar yang sudah 20 Tahun berjualan di pasar itu.

Sementara di Pasar Sentral Kota Gorontalo juga tidak jauh beda. Harganya rata-rata dibanderol Rp 95 Ribu per Kg. Alasannya pun sama, pasokan mulai berkurang imbas dari musim kemarau.

“Memang sudah naik pak. Kita juga ambil selisih ndak banyak-banyak,” kata Imran, salah seorang pedagang barito (bawang, rica, tomat) setempat

Namun berbeda dengan kondisi harga tomat. Di musim kemarau ini, harga tomat nyaris jatuh. Hari ini tomat di jual Rp 5.000,- per Kg.(alex)