Kembangkan Gemar Membaca & Mudah Diakses, Upaya Marten Hingga Beroleh Penghargaan

Kembangkan Gemar Membaca & Mudah Diakses, Upaya Marten Hingga Beroleh Penghargaan

14/12/2020 18:30 0 By Maman

Marten Penghargaan Gemar Membaca

Walikota Gorontalo, Marten Taha dan Kepala DInas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Gorontalo, Surtarto menunjukkan penghargaan dari Lembaga Perpustakaan Nasional RI. (foto:hms)

Hulondalo.id – Upaya Walikota Gorontalo Marten Taha, kembali mendapat pengakuan. Kali ini berkaitan dengan upaya pengembangan gemar membaca, dan penyediaan akses tempat membaca yang mudah dijangkau.

Upaya tersebut, juga menjadi indikator penilaian dari Lembaga Perpustakaan Nasional RI, yang kemudian memberikan penghargaan kepada Marten Taha, atas Dedikasinya Membina dan Mengembangkan Kegemaran Membaca di Wilayah Kerjanya, Senin (14/12/2020).

“Dua standar ini menjadi acuan dalam menilai daerah, apakah sudah mengembangkan kegemaran membaca atau belum,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Gorontalo, Drs. Surtarto.

Indikator kedua kata Surtarto, penempatan Kantor Kearsipan dan Perpustakaan di pusat pemerintahan, yang mudah diakses oleh masyarakat, dan mengikutsertakan delegasi di wilayah kerjanya, dalam kegiatan nasional yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI.

Surtarto juga mengatakan, Walikota Gorontalo telah menempatkan perpustakaan daerah di tempat yang stategis, dan mampu mengikutsertakan delegasi dalam ajang lomba bercerita di skala nasional hingga akhirnya meraih Juara Harapan 1.

Pemkot Gorontalo juga kata dia, terus dan akan berupaya semaksimal mungkin dan meningkatkan mutu kualitas pelayanan Perpustakaan Daerah. Di Perpustakaan Daerah kata dia, ada 4.479 judul buku dan 11.165 eksempar.

“Untuk menuju perpustakaan tipe C, minimal harus memiliki 8.000 judul buku, karenanya ini menjadi PR bagi pemerintah untuk menyelesaikan tugas ini,” ungkapnya.

Sesuai rencana, kedepan akan diberlakukan digitalisasi perpustakaan. Sehingga untuk mengakses buku, masyarakat lebih dimudahkan. (MG02)