Kemenag Boalemo Peringati Hari Amal Bakti ke-75, Tema: Indonesia Rukun

Kemenag Boalemo Peringati Hari Amal Bakti ke-75, Tema: Indonesia Rukun

05/01/2021 11:28 0 By Yadin

Peringatan HAB ke-75 oleh Kemenag Boalemo.

Hulondalo.id – Kementerian Agama Kabupaten Boalemo memperingati Hari Amal Bakti ke-75, Selasa (5/1/2020)

Peringatan hari amal bakti ini dilaksanakan dengan upacara dan penyematan tanda kehormatan satyalencana karyasatya 10, 20, dan 30 tahun kepada 18 pegawai Kemenag Boalemo yang telah berkontribusi dan mengukir prestasi.

Plt. Kepala Kantor Kemenag Boalemo, Hamka Isa Boyola S.Ag menyampaikan amanat Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas mengenai kontribusi dan prestasi Kemenag di usia 75 tahun.

“Di usia 75 tahun kementerian agama, mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya semoga momentum menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik di masa mendatang. Dan kami memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama atas sinergi dan kebersamaanya,” kata Hamka membacakan amanat Menag Yaqut.

Nah, memperingati HAB kali ini mengangkat tema tentang Indonesia Rukun.

“Peringatan tahun ini mengusung tema Indonesia Rukun. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan dan toleransi umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan dan toleransi akan sukar mencapai cita-cita bangsa ini,” terangnya.

Ia juga menambahkan tentang semangat baru Kemenag RI dalam mengelola Kementerian Agama ke depan.

“Saya mengingatkan ke depan semangat kemenag dalam tugasnya diterjemahkan dengan berapa kata kunci, yaitu manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi semakin baik, penguatan moderasi agama, dan persaudaran,” tambahnya.

Di Boalemo sendiri, Hamka menjelaskan, kontribusi Kemenag Boalemo selalu aktif sehingga Boalemo merupakan kabupaten di Provinsi Gorontalo yang rukun dan toleransi dalam beragama.

“Peran Kemenag Boalemo melalui mitra Forum Komunikasi Umat Beragama selalu intens mengadakan pertemuan dan koordinasi dengan tokoh-tokoh agama, baik itu isu keagamaan. Apalagi Boalemo merupakan kabupaten di Provinsi Gorontalo yang rukun dan tolerasi dalam umat beragama,” ungkapnya.

Kontribusi Kemenag Boalemo lanjut Hamka, dalam slogan Boalemo Bertasbih melalui penyuluh PNS maupun non PNS menjadi ujung tombak dan corong bagi Kemenag dalam melakukan misi dan program dari kecematan hingga ke pelosok desa. (Mg-03)