Kemendagri Batasi Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Maksimal 25 Orang

Kemendagri Batasi Pelantikan Kepala Daerah Terpilih Maksimal 25 Orang

24/02/2021 19:29 0 By Alex

Pelantikan Kepala Daerah

Ilustrasi pelantikan kepala daerah./Istimewa

Hulondalo.id – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih pada Jumat 26 Februari hanya boleh dihadiri maksimal 25 orang, baik secara virtual maupun tatap muka.

“Silahkan dilakukan secara tatap muka atau luring, silahkan juga dilakukan secara daring, tetapi kami katakan sekali lagi tidak boleh lebih dari 25 orang di dalam ruangan,” tegas Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik pada rapat persiapan pelantikan dengan seluruh Sekretaris Daerah secara virtual, Rabu (24/2/2021).

Adapun 25 orang yang hadir dalam pelantikan tersebut, di antaranya yang melantik, saksi-saksi beserta rohaniawan dan yang akan dilantik.

Untuk istri yang akan dilantik menjadi Ketua Tim Penggerak PKK agar dilantik di ruangan yang berbeda. Sementara untuk seluruh pendukung, Forkopimda hingga keluarga agar berada di kabupaten masing-masing dan memantau secara daring.

“Kami cuma ingin menegaskan apa yang pak menteri sampaikan, kiranya capaian capaian baik yang sudah kita lakukan bersama selama pilkada sehingga tidak menimbulkan klaster pilkada, kami berharap pelantikan juga tidak menimbulkan klaster pelantikan,” sambung Akmal.

Terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba menyampaikan, pihaknya sangat siap melaksanakan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih secara langsung atau tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Untuk menghindari kerumunan, masyarakat dapat menyaksikan pelantikan melalui kanal YouTube, Facebook yang akan ditayangkan secara live streaming,” kata Darda.

Sebelumnya, ada 3 kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih di Gorontalo yang akan dilantik.

Masing-masing pasangan Nelson Pomalingo–Hendra Hemeto dari Kabupaten Gorontalo, Syaiful Mbuinga–Suharsi Igirisa dari Kabupaten Pohuwato dan Hamim Pou–Merlan Uloli dari Kabupaten Bone Bolango.

Pelantikan akan digelar hari Jumat 26 Februari 2021 pukul 14.00 Wita.(Adv/alex)