Kemendagri Dorong RPJMD 4 Provinsi Fokus Bangun Pesisir di Teluk Tomini & Maluku Utara

Kemendagri Dorong RPJMD 4 Provinsi Fokus Bangun Pesisir di Teluk Tomini & Maluku Utara

12/06/2021 20:32 0 By Maman

Materi Kemendagri Regional Meeting Teluk Tomini Maluku Utara

Plh. Dirjen Pembangunan Daerah Sri Purwaningsih,.SH,.M.AP saat memberikan materi pada Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara. (foto:hms)

Hulondalo.id – Mendagri RI melalui Plh. Dirjen Pembangunan Daerah, Sri Purwaningsih,.SH,.M.AP mendorong agar arah kebijakan RPJMD pemerintah daerah, fokus pada pembangunan pesisir di wilayah Teluk Tomini dan Maluku Utara.

Saat memberikan materi pada Regional meeting kawasan ekonomi khusus di wilayah Teluk Tomini dan Maluku Utara, Sabtu (12/6/2021), Sri Purwaningsih mengatakan, RPJMD Provinsi Sulawesi Utara sudah menuangkan akselerasi pembangunan wilayah kepulauan, serta pesisir pantai timur yang berhadapan dengan Teluk Tomini, yang diarahkan pada pengembangan inflastruktur melalui pembangunan trans Sulawesi di pantai Timur atau Selatan.

“Terima kasih untuk Provinsi Sulawesi Utara sudah menyiapkan hal tersebut didalam dokumen 5 tahun kedepan terhadap pembangunan wilayah Teluk Tomini ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut kata Sri Purwaningsih, untuk Provinsi Gorontalo juga sudah tertuang dalam RPJMD, bahwa pembangunan daerah di Teluk Tomini diarahkan pada optimalisasi pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan, yang sudah diwujudkan mulai dari program pemberdayaan masyarakat dalam pengawasan dan pengendalian sumberdaya kelautan.

Ia melanjutkan, untuk Provinsi Sulawesi Tengah, masih memiliki kendala yakni kepala daerah yang belum dilantik. Setelah dilantik, kata Sri, Gubernur Sulawesi tengah agar segera menyusun RPJMDnya.

“Kami menyarankan, penyusunan RPJMD nanti harus mengaudit kepentingan bagaimana membangun wilayah Teluk Tomini ini, dan dituangkan dalam dokumen RPJMD Provinsi Sulawesi tengah nanti,” pinta Sri.

Terakhir, untuk Provinsi Maluku Utara juga sudah dituangkan dalam dokumen RPJMD, bahwa pengelolaan sumberdaya alam dilakukan dengan sasaran meningkatnya nilai tambah pengelolaan sumberdaya alam strategis dan potensi unggulan daerah melalui investasi, Inovasi, dan Melalui penambahan jumlah sektor kelautan dan perikanan terpadu.

“Hasil ini, sudah melalui pencermatan kami di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia kepada kepala daerah di 5 tahun kedepan dalam menyusun RPJMDnya,” ujarnya.

“Untuk Sulawesi Tengah agar dipercepat, dan jika dalam penyusunan nanti agar melihat potensi untuk mempercepat pembangunan di wilayah Teluk Tomini,” pintanya. (Inkri/Adv)