Kementan Jadikan Sarang Walet dan Porang Komoditas Super Prioritas

Kementan Jadikan Sarang Walet dan Porang Komoditas Super Prioritas

07/06/2021 10:50 0 By Alex

porang

ilustrasi porang./istimewa

Hulondalo.id – Kementerian Pertanian (Kementan) RI menetapkan sarang burung walet dan porang menjadi 2 komoditas super prioritas untuk meningkatkan nilai ekspor.

Kementan pun akan mendukung upaya peningkatan 2 komoditas super prioritas ini, salah satunya dengan mempermudah warga menanam porang dan mendukung budidaya sarang burung walet.

“Potensi sarang burung walet dan porang sangat menjanjikan. Apalagi penanganan sarang burung walet dan porang baru ditangani 1 tahun terakhir. Kita berharap ke depan ekspornya makin meningkat,” kata Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melalui siaran pers diterima Hulondalo.id, Senin (7/6/2021).

Kementan juga akan terus mendorong lahirnya petani milenial yang memiliki kemampuan lebih dalam mengelola sektor pertanian, terutama sarang burung walet dan porang. Harapannya ke depan, para petani milenial mampu memperluas jejaring ekspor komoditas pertanian.

Saat ini, Kementan memperluas penanaman porang di wilayah Sulawesi Selatan, dengan meminta dirjen terkait untuk mempermudah warga setempat menanam porang.

“Ekspor di bidang pertanian meningkat 15% dengan nilai kurang lebih Rp 500 Triliun. Karena itu porang dan sarang burung walet masuk dalam program super prioritas,” tandasnya.(60k/alex)