Kenalin Nih!  5 Temuan Mahasiswa Poltekgo yang Ramah Lingkungan

Kenalin Nih!  5 Temuan Mahasiswa Poltekgo yang Ramah Lingkungan

10/11/2021 22:28 0 By Jeffry

Salah satu alat yakni instalasi kotoran hewan menjadi biogas hasil karya mahasiswa Politeknik Gorontalo. (F.isitimewa)

Hulondalo.id – Mahasiswa Politeknik Gorontalo (PoltekGo) kembali membuktikan kualitasnya lewat karya inovatif.

Kali ini, 5 teknologi ramah lingkungan berhasil diciptakan guna mengurangi dan mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup.

Berangkat dari situlah, ide para mahasiswa program studi Mesin dan Peralatan Pertanian PoltekGo ini berawal. Bagaimana membuat teknologi yang ramah akan lingkungan yang dalam pembuatan dan penerapannya menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan, prosenya efektif , efisien dan mengeluarkan limbah yang minim.

Proses pembuatan alat ini pun hanya membutuhkan waktu tak begitu lama. Dimulai dari pemaparan ide sampai proses uji coba alat itu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 bulan saja.

“Jadi 5 alat teknologi ramah lingkungan itu dibuat oleh 5 kelompok, dan setiap minggu dilakukan evaluasi dan dipaparkan oleh masing-masing kelompok kepada dosen pengampuh hingga pembuatan alat itu disetujui,” ujar Direktur PoltekGo Ismail Mohidin.

Adapun 5 teknologi ramah lingkungan itu meliputi, alat biopori yang terbuat dari pipa paralon VPC, alat biochar dari sekam padi, alat penangkap hama, pompa hidram untuk sistem irigasi serta alat instalasi kotoran hewan menjadi biogas.

Berikut manfaat 5 teknologi ramah lingkungan karya mahasiswa PoltekGo:

Alat Biopori dari Pipa VPC

Alat ini berfungsi meningkatkan daya resapan air genangan untuk masuk ke dalam tanah. Selain itu, manfaat lainnya yakni sebagai tempat pembuangan sampah organik, penyubur tanaman serta dapat meningkatkan kawasan hijau.

Alat Biochar dari Sekam Padi

Alat ini berfungsi untuk menurunkan kemasaman tanah hingga meningkatkan ketersedian hara dan mengikat hara agar tidak mudah hanyut terbawa air.

Alat Penangkap Hama

Alat ini berfungsi untuk menangkap hama yang kerap menjadi permasalahan para petani. Dengan menggunakan sumber listrik dari panel surya bertenaga 0.55 Watt dapat menghasilkan tenaga baterai 3.7 Volt-1200 mah. Alat ini dirancang khusus dapat bekerja otomatis. Pada siang hari lampu pada alat ini akan mati dan baterai akan terisi melalui panel surya. Pun malam hari, sensor cahaya ini akan bekerja dan mematikan lampu secara otomatis tanpa perlu menggunakan saklar.

Alat Pompa Hidram

Alat ini berfungsi menaikkan air menuju tempat yang lebih tinggi dari sumber air dan menggerakkannya ke beberapa tempat tanpa menggunakan listrik. Karena energi kinetik yang berasal dari air itulah yang akan membuat pompa hidram akan bergerak dengan sendirinya.

Alat Instalasi Kotoran Hewan menjadi Biogas

Alat ini dibuat untuk menghasilkan biogas dari kotoran hewan dalam hal ini sapi. Biogas kotoran sapi ini diproduksi dengan cara fermentasi anaerob, yakni dimasukan kedalam sebuah tempat kedap udara tanpa oksigen dan dibiarkan. Biogas yang dihasilkan ini berkisar 50-70 persen, sehingga dapat mudah terbakar dan menghasilkan nyala api berwarna biru tua. Gimana keren bukan?.

(Jeff/Adv)