Kenalin Nih, Pot Bunga Mini dari Batok Kelapa Buatan Tangan Kreatif Eman Gani

Kenalin Nih, Pot Bunga Mini dari Batok Kelapa Buatan Tangan Kreatif Eman Gani

22/09/2020 15:19 0 By Jeffry

Eman Gani, Anak muda yang menyulap batok kelapa menjadi pot bunga mini.

Hulondalo.id – Manfaat kelapa bagi tubuh manusia memang tak perlu diragukan lagi. Banyaknya kandungan gizi yang terkandung dalam kelapa yang dikenal dengan bahasa latin Cocos Nucifera ini dipastikan memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Namun, buah yang hidup di daerah tropis ini rupanya memiliki segudang manfaat. Bukan dari sisi kesehatan saja, akan tetapi jika di olah oleh tangan kreatif akan melahirkan produk yang bernilai ekonomis dan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Seperti yang dilakukan Eman Gani, pria asal Kelurahan Bulotadaa Timur Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo ini menyulap batok/tempurung kelapa menjadi pot bunga mini.

Pria yang akrab disapa Eman ini bercerita profesi ini berawal dari sekedar iseng, namun dirinya tak menyangka dari keisengan tersebut justru menarik minat banyak orang untuk membeli hasil karya buatannya.

Apalagi menurut Eman, di tengah pandemi saat ini banyak yang mulai melirik tanaman bunga sebagai pengisi aktivitas akibat kerja dari rumah.

“Awalnya coba-coba untuk pajangan pribadi, apalagi buah kelapa kan banyak berseliweran di belakang rumah, dari pada gak ada kerjaan mending saya buat Pot Bunga mini. Eh, ga taunya justru banyak yang tertarik,” kenang Eman yang mengaku kerja serabutan ini.

Dari keisengannya itu pula, produk buatannya itu mengalami banyak permintaan. Bahkan usaha yang baru ia rintis baru sebulan lamanya ini sudah menerima permintaan dari luar Kota Gorontalo. Seiring dengan itu pula ketersediaan bahan baku pun diakuinya semakin meningkat.

“Pesanan sudah sampai Bone Bolango hingga Pohuwato. Makanya, untuk bahan baku saya sering membeli di tempat lain. Itu artinya produk saya terterima di masyarakat,” tutur Eman bersemangat.

Banyaknya permintaan itu pula, kini Eman Gani mengajak 3 teman lainnya untuk bersama-sama merintis usaha tersebut dengan nama usaha “Potlob” Kreatif.

Alhasil, dalam sehari Eman bersama 3 kawannya mengaku dapat menyelesaikan 30 buah pot bunga mini dari batok/tempurung kelapa.

Namun, namanya usaha pasti ada kendala yang akan dihadapi. Hal itu pun diakui Eman Gani. Akan tetapi, kendala tersebut ia jadikan pengalaman untuk pengembangan bisnisnya kedepan.

“Semoga usaha yang saya rintis ini akan mampu bertahan dan mendapatkan tempat di hati masyarakat. Paling tidak ini dapat meningkatkan ekonomi keluarga,” harapnya.

Bisa jadi langkah Eman Gani menjadi inspirasi bagi anak muda lainnya untuk terus berkreasi. Paling tidak dengan memanfaatkan keterampilan yang dimiliki untuk dinikmati banyak orang.

“Tidak penting dari mana memulai, karena hasil sesungguhnya adalah proses yang tercipta” pungkasnya. (Jeff)