Keran Truk Tangki Patah, 17 Ton Minyak Sawit Tumpah di Turunan Pontolo

Keran Truk Tangki Patah, 17 Ton Minyak Sawit Tumpah di Turunan Pontolo

18/11/2021 19:47 0 By Syakir

Tangkapan layar video amatir, menunjukkan minyak sawit mengucur deras dari mobil tangki, hingga membuat jalur turunan Desa Pontolo, menjadi licin dan berbahaya.

Hulondalo.id – Jalan menurun di Desa Pontolo, Kwandang, Gorontalo Utara dikenal cukup berbahaya jika tidak hati hati. Jalannya yang sempit, curam dan berkelok, sudah memakan cukup banyak korban. Bayangkan, kondisi itu diperparah dengan tumpahan 17 ton minyak sawit mentah.

Kamis (18/11/2021), sekitar pukul 09.00 pagi, sebuah dum truk bernopol DM 8036 AJ yang sedang mendaki tanjakan Pontolo, tiba tiba mogok di tengah jalan karena stik as patah.

Dari arah berlawanan datang tangki bermuatan 29 ton minyak sawit mentah, dari Paguyaman Kabupaten Boalemo yang akan menuju Bitung, Sulawesi Utara.

Sial, saat akan berbelok bagian belakang truk tangki menyenggol truk yang mogok tadi, hingga menhol atau keran tangkinya patah. Minyak sawit mentah pun tumpah di jalan, yang mengakibatkan ruas jalur Pontolo pun menjadi licin seketika.

Dalam sebuah video yang beredar, nampak sebuah mobil truk melintas di turunan Pontolo sempat terpeleset. Untung, truknya bisa dikendalikan dan tidak terjadi kecelakaan. Kemacetan pun tak terhindarkan, kendaraan dari arah bawah maupun atas, memilih berhenti karena takut terpeleset.

Kasat Lantas Polres Gorontalo Utara AKP Supomo mengatakan, pihaknya terpaksa memberlakukan sistem buka tutup untuk kendaraan yang melintas, untuk mengurai kemacetan. Sambil, proses pembersihan minyak yang tumpah itu terus dilakukan.

“Kita berusaha untuk minimalisir jangan sampai ada korban, akibat dari tumpahan minyak ini,” ujarnya.

RUGI HAMPIR Rp1 MIliar 

Kasat Lantas Polres Gorontalo Utara AKP Supomo, ikut turun mengatur lalu lintas

Sementara itu, Humas PT. Humas PT Agro Arta Surya, Amir Gani, saat ditemui di lokasi mengungkapkan jumlah muatan minyak mentah Kelapa sawit dalam tanki truk itu sebanyak 29 Ton.

“Minyak yang tumpah sudah sekitar 17 Ton dan dalam 1 Ton kerugian 50 Juta Rupiah,” kata Amir kepada hulondalo.id di TKP

Amir juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jalan yang sudah terganggu dengan tumpahnya minyak tersebut.

Dari pantauan, hingga sore tadi, Kasat Lantas Polres Gorontalo Utara beserta jajarannya, juga dari Unsur TNI masih berada di lokasi melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di lokasi kejadian. (Prin)