Kereen!! Mahasiswa UNG Ciptakan Alat Pengukir Kayu dan Besi Otomatis

Kereen!! Mahasiswa UNG Ciptakan Alat Pengukir Kayu dan Besi Otomatis

17/07/2021 21:35 0 By Syakir

Mahasiswa Fakultas Tehnik UNG, saat merancang mesin ukir kayu dan besi otomatis.

Hulondalo.id – Meski terkurung pandemi, tidak menghalangi empat mahasiswa teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo (UNG) ini untuk berkarya. Mereka menciptakan sebuah alat, yang bisa mengukir kayu hingga besi secara otomatis.

Mereka adalah Igo Pratama, Refki Setiawan, I Putu Mariawan dan Aditya Wahyu Saputro. Alat yang pengerjaannya sudah 90% itu, rencananya akan diujicobakan penggunaanya di salah satu meubel di Kota Gorontalo.

Igo Pratama menjelaskan, kelompoknya itu mengambil program kreativitas mahasiswa penerapan IPTEK (PKM-PI) dengan judul “Penerapan CNC (Computer Numerical Control) untuk meningkatkan kualitas Meubel sinar cempaka.

“Alhamdulillah ide kami dibiayai oleh Kementerian Pendidikan dengan hibah sebesar 10 juta rupiah. Ini alat seperti alat ukir otomatis jadi sudah mesin yang kerja,” ungkapnya kepada Hulondalo.id, Sabtu (17/7/2021).

Nantinya kata Igo, dengan alat yang diciptakan kelompoknya itu, akan sangat membantu proses pengukiran atau mengrafir kayu untuk meja ataupun lemari bahkan besi di tempat produksi.

Selain bisa menghemat waktu dan biaya, Igo mengklaim alat tersebut memiliki presisi lebih akurat dibandingkan jika diukir secara manual.

“Alat tersebut sementara sudah sekitar 90% pengerjaannya, InsyaAllah Minggu depan sudah selesai dan bisa digunakan,” kata Igo.

“Nah, semoga ide ini memberikan kemudahan bagi mebel-mebel yang berada di Gorontalo dan khususnya masyarakat Provinsi Gorontalo,” sambung Igo.

Ia menambahkan, terimakasih atas support dan dukungan dari Bapak Rektor Universitas Negeri Gorontalo Dr. Eduart Wolok, ST,.MT sampai terealisasi ide dari kelompoknya. (inkri)