Keren..10 UKM Gorontalo Ini Terpilih Ikut Program DDS Kemendag RI

Keren..10 UKM Gorontalo Ini Terpilih Ikut Program DDS Kemendag RI

02/07/2019 23:27 0 By Alex

Kepala Diskumperindag Provinsi Gorontalo M Nadjamudin bersama owner UKM Gorontalo yang terpilih mengikuti program DDS besutan Kementerian Dalam Negeri.

Hulondalo.id – Sedikitnya 10 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) asal Gorontalo terpilih mengikuti program Designer Dispatch Service (DDS) 2019. Mereka akan bekerja sama dengan para desainer untuk menghasilkan produk sesuai tren global saat ini.

“Ini adalah bentuk upaya dari Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan SDM (sumber daya manusia) bidang makanan olahan yang berorientasi ekspor. Jadi, ada 10 UKM yang telah kami pilih,” ungkap Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Provinsi Gorontalo, M Nadjamudin, Selasa (2/7/2019).

Ditambahkan Nadjamudin, setelah mengikuti program DDS yang diprakarsai oleh Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN), Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI tersebut, ada 2 UKM akan terpilih mengikuti pameran Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan digelar pada Oktober 2019 nanti di Jakarta.

TEI sendiri adalah pameran dagang berskala internasional yang terbesar di Indonesia. Komoditas yang dipamerkan di TEI merupakan produk-produk unggulan yang memiliki nilai tambah berkat sentuhan desain yang memadukan tren global dengan kearifan lokal dengan tujuan mendorong pertumbuhan kinerja ekspor Nasional.

Sebelumnya, DDS sendiri merupakan program untuk mengkolaborasikan para desainer terpilih dengan UKM potensial untuk menciptakan produk Indonesia berdesain inovatif, kreatif serta bernilai tambah sehingga dapat bersaing di pasar dunia.(usman)