Keren, Kodim 1314/Gorontalo Utara Sediakan Tempat Cuci Tangan Portable Otomatis Dilokasi TMMD

Keren, Kodim 1314/Gorontalo Utara Sediakan Tempat Cuci Tangan Portable Otomatis Dilokasi TMMD

22/09/2020 22:08 0 By Maman

Dandim 1314 Gorontalo Utara, Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias mencoba tempat cuci tangan otomatis di lokasi kegiatan TMMD Desa Imana Kecamatan Atinggola. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Teknologi terbaru berupa, tempat cuci tangan otomatis atau Automatic Portable Hand Washer, disediakan di lokasi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), Desa Imana Kecamatan Atinggola Gorontalo Utara.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengakui, hal itu bisa jadi contoh untuk dilaksanakan di seluruh perkantoran yang ada di Gorontalo Utara.

“Tanpa disentuh lagi, otomatis mengeluarkan air dan sabun,” ungkap Bupati Indra Yasin, di Gedung polindes Desa Imana Kecamatan Atinggola, Selasa (22/9/2020).

“Ini menjadi contoh, terima kasih pak Dandim,” tambah Bupati.

Sementara itu, Dandim 1314/Gorontalo Utara, Letkol Arm Firstya Andrean Gitrias mengakui, teknologi tersebut sengaja dihadirkan, mengingat kegiatan TMMD dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. Penerapan protokol kesehatan tetap diterapkan dengan ketat.

Selain jaga jarak dan lainnya dalam penerapan protokol kesehatan, Dandim mengatakan, penting juga diseriusi sarana tempat cuci tangan. Tempat cuci tangan yang tersedia selama ini kata dia, belum higenis, karena masih harus menyentuh keran dan tempat sabunnya. Ini berpotensi penyebaran virus atau bakteri.

“Teknologi ini menggunakan sensor infrared dan sebagainya, cuci tangan, keran tanpa disentuh bisa keluar otomatis, demikian juga tempat sabun,” tuturnya.

Rencananya, Dandim akan mengundang mahasiswa Gorontalo untuk mempelajari alat tersebut, untuk kemudian bisa menciptakan alat serupa versi lokal Gorontalo.

“Sehingga kita bisa menghasilkan produk serupa hasil karya pemuda Gorontalo,” ungkap Dandim.

Sementara itu, terkait pelaksanaan TMMD, Dandim mengakui, pasukan yang akan bertugas, wajib membawa surat keterangan sehat dan rapid tes yang non reaktif. Bagi pasukan yang belum mengikti rapid tes, akan langsung dites dilokasi.

“Untuk yang hasilnya reaktif, maka dikembalikan, Alhamdulillah hasilnya non reaktif semua, sehingga Insya Allah semuanya sehat,” tandasnya.

Selain tempat cuci tangan portable otomatis, dipintu masuk pos terdapat disinfektan chamber. Seluruh pasukan, wajib melalui bilik ini. (Prin)