Keren! Siswa SMKN 1 Marisa Ciptakan Wastafel Portable Ramah Lingkungan

Keren! Siswa SMKN 1 Marisa Ciptakan Wastafel Portable Ramah Lingkungan

17/07/2020 16:54 0 By Alex

SMK Negeri 1 Marisa

Wastafel Portable buah kreativitas siswa SMK Negeri 1 Marisa dalam mendukung program pemerintah memutus rantai penularan Covid-19. (F. Istimewa)

Hulondalo.id – Sejumlah siswa SMK Negeri 1 Marisa, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, membuat terobosan dengan memproduksi wastafel portable yang sangat menawan.

Wastafel ramah lingkungan tersebut merupakan karya siswa jurusan permesinan SMK Negeri 1 Marisa.

Meski demikian, SMK Negeri 1 Marisa belum memproduksi massal dan hanya untuk kebutuhan internal sekolah. Namun bukan tidak mungkin para siswa akan memproduksi lebih banyak lagi jika ada permintaan pasar.

“Tempat cuci tangan ini akan diproduksi massal jika banyak peminat dari lembaga dan perkantoran atau masyarakat di Kabupaten Pohuwato, wastafel ini dapat digunakan di luar ruangan juga bisa ditempatkan di dalam ruangan karena desainnya ramah lingkungan, juga bisa dipindahkan sesuai kebutuhan,” ujar Kepala SMK Negeri 1 Marisa, Mirhan Bumulo, Jumat (17/7/2020).

Mirwan pun mengaku bangga terhadap ide dan kreativitas anak didiknya, termasuk para guru pembimbing dan pendamping dalam menciptakan wastafel portable tersebut.

“Wastafel ini akan kami manfaatkan untuk tamu atau pengunjung sekolah, juga akan disediakan pada setiap kelas jika siswa akan masuk sekolah nanti. Jadi, sebelum masuk kelas siswa diminta cuci tangan dulu,” tambah Mirhan.

Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo, Ernawaty Panu menyampaikan kekagumannya atas kreativitas para siswa SMK Negeri 1 Marisa tersebut.

Pihaknya akan mendukung produksi wastafel portable ini mengingat kebutuhan masyarakat sangat tinggi dalam mendukung pencegahan Covid-19.

“Kami akan mendorong agar SMK di Gorontalo terus berinovasi dan mendukung sepenuhnya cipta produk SMK hingga bisa dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tandas Ernawaty.(adv/alex)