Kerja Sama Pemkot & Baznas Modali Pelaku UMK

30/10/2019 22:12 0 By Yadin

Ketua Baznaz Kota Gorontalo, Marzuki Pakaya.

Hulondalo.id – Pemerintah Kota Gorontalo bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Kota Gorontalo melaksanakan
pembinaan dan peningkatan kapasitas
calon penerima bantuan modal Usaha Mikro Kecil (UMK) sekaligus penyerahan bantuan dari Baznaz, Senin (28/10/2019).

Dikatakan Ketua Baznaz Kota Gorontalo, Marzuki Pakaya bahwa pembinaan dan peningkatan kapasitas calon penerima bantuan modal UMK tersebut dilakukan berdasarkan survei dan koordinasi dari dinas terkait yakni Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi serta Dinas Tenaga Kerja dan UMKM.

“Survei tersebut kami lakukan agar tidak terjadi tumpang tindih. Sebab, kedua dinas tersebut juga sama-sama memberikan bantuan yang serupa dengan Baznaz. Sehingga jangan sampai masyarakat yang sudah mendapat bantuan dari kedua dinas tersebut akan mendapatkan bantuan lagi dari Baznaz,” terangnya.

Masing-masing peserta yang hadir tersebut mendapatkan bantuan dengan jumlah Rp3,5 Juta per Kepala Keluarga (KK).

“Jadi kita berikan mereka bantuan bukan dalam bentuk uang melainkan dalam bentuk bahan berupa sembako dan kebutuhan lain yang bisa dijual kembali. Kenapa tidak dalam bentuk uang, karena kalau bantuan dalam bentuk uang biasanya tidak tahu uangnya tersebut akan lari ke tempat lain misalnya ada yang ke handphone, baju dan lain sebagainya. Tapi kalau dalam bentuk bahan ini, maka mereka kelola dan jual kembali dalam artian diputar uangnya,” ujar Marzuki.

Selanjutnya, pihak Baznaz akan melakukan monitoring pada penerima bantuan apakah bantuan yang diberikan tersebut berkembang atau tidak.

“Bantuan ini murni bantuan tunai tanpa ada pengembalian ke Baznaz. Sebab bantuan ini berasal dari zakat. Selain itu, program ini bertujuan agar mereka sebagai Mustahiq atau penerima bantuan dari pemerintah, nah besok-besok setelah ini dikembangkan usahanya mereka bisa mandiri dan tidak lagi menjadi penerima namun juga dapat menjadi pemberi zakat,” jelasnya. (indah/adv)