Kerjasama APEKSI-BPIP, Marten: Pembinaan Ideologi Pancasila Perlu Masuk Kurikulum

Kerjasama APEKSI-BPIP, Marten: Pembinaan Ideologi Pancasila Perlu Masuk Kurikulum

13/10/2021 13:05 0 By Maman

Apeksi Walikota Marten BPIP

Walikota Gorontalo, Marten Taha, dalam pertemuan Apeksi dengan BPIP. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pembinaan Nilai Ideologi Pancasila menurut Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, perlu dimasukkan dalam kurikulum pendidikan. Ini juga kata Wali Kota, menjadi perhatian bersama antara Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dengan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP).

Perhatia tersebut dituangkan dalam Penandatangan Nota Kesepakatan Kerjasama sama kedua belah pihak, di Yogyakarta, Selasa (12/10/21) yang dihadiri para pengurus pusat APEKSI, termasuk Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

Marten mengatakan, peran dunia pendidikan penting dalam membumikan pancasila di seluruh Indonesia. Marten memberi saran, perlu adanya regulasi yang mengatur kurikulum penanaman nilai pancasila, disemua jenjang pendidikan.

“Kami menyarankan pembinaan ideologi pancasila dimasukkan dalam kurikulum pendidikan, entah itu buatkan Perpres atau PP dan sejenisnya, sehingga kami didaerah dapat mengawal program ini secara maksimal,” ungkap Wakil Ketua Umum Apeksi Bidang Pemerintahan dan Otonom ini.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat didaerah, Marten siap mendukung apa yang menjadi visi bersama menyebarluaskan penanaman nilai ideologi negara tersebut.

“Di Kota Gorontalo, kami merangkul anak-anak milenial, mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi untuk memberikan pembinaan nilai ideologi pancasila,” ucapnya.

Marten juga mengatakan penandatanganan kerja sama ini, bentuk keseriusan Apeksi dalam membumikan pancasila yaitu, melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan.

“Sejak Januari, Apeksi melakukan kajian untuk membuat kesepakatan dengan BPIP, Alhamdulilah, hari ini kita dapat realisasikan kerjasama tersebut,” ujar Marten. (Inkri)