Kerjasama Media Massa Bakal Ditinjau Ulang, Feriyanto: Mengacu UU & Edaran Dewan Pers

Kerjasama Media Massa Bakal Ditinjau Ulang, Feriyanto: Mengacu UU & Edaran Dewan Pers

13/08/2020 14:18 0 By Maman

Kabid Pengelolaan Opini Aspirasi Publik dan Layanan Hubungan Media Dinas Kominfo Halut, Feriyanto ILLA.

Hulondalo.id (Halut) – Kerjasama yang dijalin Pemkab Halmahera Utara dengan media massa, bakal ditinjau ulang. Baik itu media cetak, online maupun elektronik. Selain akan mengacu pada Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, juga edaran dari Dewan Pers.

Kerjasama pemerintah daerah dengan media massa selama ini, dijalin melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Halmahera Utara.

“Ya, kita akan tinjau kembali media masa yang ada, ini sesuai ketentuan Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, pada pasal 9 ayat 2 setiap perusahaan pers harus berbadan hukum Indonesia,” kata Kabid Pengelolaan Opini Aspirasi Publik dan Layanan Hubungan Media Diskominfo Halut, Feriyanto ILLA kepada hulondalo.id, (Kamis 13/08/2020).

Peninjauan ini kata Feri, juga sesuai edaran Dewan Pers tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-undang Pers dan Standar Perusahaan Pers berbadan hukum Indonesia.

“Secara administrasi dalam kontrak kerja sama, perusahaan pers wajib berbadan hukum. Ini juga sesuai dengan ketentuan Dewan Pers,” ungkapnya.

Peninjauan kembali ini, baik yang sudah atau akan melakukan kontrak kerjasama. Hasilnya kata dia, akan dilaporkan ke kepala dinas. Yang kemudian oleh kepala dinas, akan diambil keputusan, apakah kontrak kerjasama lanjut atau tidak.

“Semua tergantung kepala dinas,” terangnya. (AT)