Kerusakan Lingkungan di Kabupaten Gorontalo Mencapai 34,9%, Termasuk Hutan

Kerusakan Lingkungan di Kabupaten Gorontalo Mencapai 34,9%, Termasuk Hutan

03/03/2021 00:07 0 By Maman

Sosialisasi Rehabilitasi Hutan Lahan

Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb mengikuti Sosialisasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan. (foto:hms)

Hulondalo.id – Kerusakan lingkungan utamanya hutan di Kabupaten Gorontalo, kini mencapai 34,9%. Terhadap kondisi itu, Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah U. Tayeb meminta, masyarakat Kabupaten Gorontalo secara bersama-sama menjaga lingkungan.

“Kerusakan itu sudah mencapai angka fantastis, dan masuk zona kritis,” tutur Sekda usai Sosialisasi Rehabilitasi Hutan dan Lahan, bertempat di Ruang Madani, Selasa (02/03/2021).

Agar kerusakan tak makin parah, sosialisasi kata Sekda, perlu dilakukan kepada masyarakat dalam memberikan pemahaman untuk melestarikan lingkungan.

“Jika masyarakat tak menjaga lingkungan, hujan sedikit saja bisa memicu banjir, tanah longsor, akses jalan yang rusak, dan pastinya itu berimbas pada aktivitas masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPDASHL Bone Bolango, Eru Permana, S.Hut mengatakan, kerusakan tersebut dipengaruhi berbagai faktor salah satunya alih fungsi hutan.

“Seperti halnya hutan alih fungsi jadi lahan pertanian, inilah membuat hutan rusak, untuk itu  sosialisasi merupakan bentuk pencegahan,” tutup Eru. (Pin/Adv)