Kesal Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Desa Daenaa Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak

Kesal Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Desa Daenaa Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak

16/07/2020 09:27 0 By Jeffry

Aksi protes sejumlah warga dengan menanam pohon pisang di tengah jalan di dusun1 Marisa Desa Daenaa, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo.(F.istimewa)

Hulondalo.id – Sejumlah warga Dusun I Marisa Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo melakukan aksi protes dengan menanam pohon pisang di tengah jalan, Rabu (15/7/2020).

Aksi ini buntut kekesalan warga atas perbaikan akses jalan yang menghubungkan Dusun I Marisa dan Dusun Ponelo yang tak kunjung terealisasi.

“Ini sebagai bentuk protes kami. Selama ini pemerintah hanya memberikan janji-janji palsu. Buktinya hingga sekarang jalan ini tak juga diperbaiki,” ungkap Asni Rahman.

Menurutnya, dengan melakukan aksi penanaman pohon itu, diharapkan pemerintah khususnya pemerintah desa Daenaa dapat segera merespon dan merealisasikan perbaikan jalan tersebut.

“Masalahnya, setiap musim hujan jalan ini sering terjadi kecelakaan, ini karena jalan sudah berlumpur dan licin,” ujarnya.

Senada, Hasan Daliku juga mengatakan, jalan lingkar yang ada di dusun I Marisa ini sejatinya sudah pernah diperbaiki dengan melakukan pengerasan jalan pada masa pemerintahan Bupati David Bobihoe, namun hingga saat ini akses jalan tersebut tak ada tanda-tanda lagi untuk diperbaiki.

“Nah, makanya ini kita viralkan dengan harapan pemerintah dengan cepat  segera melakukan perbaikan jalan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Daenaa melalui sekretaris desa Piter mengatakan, jalan tersebut sejatinya sudah dianggarkan melalui APBDes. Namun, rencana perbaikan tersebut terkendala akibat pandemi covid-19.

“Pada anggaran Dana Desa tahap 1 itu sudah dikerjakan yakni pengerasan, akan tetapi karena adanya covid-19 sehingga masih tertunda,” kata Piter.

Menurutnya, untuk pengerasan di jalan Dusun 1 ini masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2015 hingga 2021.

“Jalan tersebut sudah dianggarkan, itu 124 Juta dengan jarak 1 Kilo. Nah, terkait jadwal pelaksanaan pengerasannya itu pada tahun 2020,” tandasnya.(Jeff)