Ketemu Anis Baswedan, Nelson Bahas Kerjasama Bidang Peternakan Sapi

Ketemu Anis Baswedan, Nelson Bahas Kerjasama Bidang Peternakan Sapi

17/06/2021 21:50 0 By Maman

Pertemuan Anies Baswedan dan Nelson Pomalingo

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat bertemu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (foto:kominfo)

 

Hulondalo.id – Pertemuan dilakukan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Kedua kepala daerah itu membahas kerjasama di bidang pangan ternak sapi.

“Kondisi Covid-19 saat ini, antar daerah saling membutuhkan, dan yang kami bahas ini bentuk peningkatan ekonomi,” ujar Bupati usai bertemu Anis Baswedan di Ruang kerjanya, Kamis, (17/06/2021).

Mantan Rektor UNG itu mengungkapkan, setipa harinya Pemerintah DKI Jakarta menyuplai 700 ekor ternak sapi. Kabupaten Gorontalo kata Bupati, siap menyuplai ternak sapi ke Jakarta kurang lebih 1000 hinga 2000 ekor.

“Di Provinsi Gorontalo ada kurang lebih 200 ribu ekor sapi, khususnya di Kabupaten Gorontalo ada sekitar 115 ribu ekor sapi, kami telah melakukan program penggemukan sapi yang berkejasama dengan Bank Sulutgo,” terang Bupati.

Melalui kerjasama ini kata Bupati, diharapkan Pemprov DKI Jakarta bisa membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH). Itu akan diperuntukkan pada pengembangan perternakan sapi di Kabupaten Gorontalo.

“Apalagi Kabupaten Gorontalo banyak potensi yang mendukung pengembangan sapi tersebut, kita memiliki pabrik yang mengelola pakan ternak, yang bahan bakunya jagung,” tutur Bupati.

Melalui sektor peternakan ini kata Bupati lagi, menjadi pintu gerbang kerjasama Kabupaten Gorontalo dengan Pemprov DKI Jakarta. Teknisnya kata dia, akan dibahas bersama Dinas Peternakan BUMD, Dinas Pangan serta BUMD DKI Jakarta.

“Kita akan menyuplai daging sapi ke Jakarta, kita juga akan menjadi  lumbung ternak, pastinya ini berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang naik, kemiskinan turun,” pungkas Bupati. (Pin/Adv)