Ketika Olahan Sagela Disulap Jadi Berbagai Kuliner Variatif

11/09/2019 14:54 0 By Alex

Sejumlah pelaku UMKM pangan olahan sagela ketika diberi pelatihan olen fasilitator NSLIC yang digelar di Pentadio Resort, Selasa (10/9/2019)

Hulondalo.id – Pemerintah Kanada melalui National Support for Local Investment Climates (NSLIC)/National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi dan Kabupaten Gorontalo menggelar pelatihan pengembangan produk olahan sagela bagi UMKM, Selasa (10/92019).

Pada pelatihan ini para peserta diajak untuk mengembangkan beragam produk berbasis olahan sagela seperti calzone, keripik pisang sambalado sagela, panada tore isi sagela, soft sweet bun sagela. Para peserta bersama dengan trainer pun sama-sama menguji coba menu-menu tersebut.

“Diversifikasi menu sagela sangat diperlukan untuk dapat mendukung pengembangan UMKM olahan pangan di Gorontalo agar dapat menarik minat para wisatawan yang berkunjung ke Gorontalo,” kata Dewi Biahimo, District Fasilitator NSLIC/NSELRED.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili menyampaikan, pihaknya sangat mendukung upaya peningkatan ekonomi masyarakat melalui diversifikasi olahan sagela yang sudah lama dikenal masyarakat Gorontalo.

“Ikan sagela telah menjadi daya tarik kuliner Gorontalo. Ada sambal sagela, nasi goreng sagela dan sekarang sagela dimanfaatkan untuk calzone, keripik pisang sambalado sagela, panada tore isi sagela, dan lainnya. Ini akan menjadi sumbangan Gorontalo bagi kekayaan kuliner Indonesia,” jelas Rifli.

Pelatihan tersebut diikuti sedikitnya 30 UMKM pangan yang berbahan dasar sagela. Kegiatan pelatihan itu digelar di Pentadio Resort, Kabupaten Gorontalo.(alex/4)

loading...