Ketika Rusli Lihat Video Opa John Katili yang Sakit dan Hidup Sebatang Kara di Bali

Ketika Rusli Lihat Video Opa John Katili yang Sakit dan Hidup Sebatang Kara di Bali

04/03/2021 16:43 1 By Alex

John Katili

John Katili (62) yang hidup sebatang kara dan sedang mengidap penyakit TBC di Bali./F. Istimewa

Hulondalo.id – Seorang warga Gorontalo yang sedang sakit dan hidup sebatang kara di Bali viral di media sosial. Pria bernama John Katili (62) menderita TBC dan hanya ditampung warga komunitas muslim di salah satu masjid di Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembarana, Bali.

Sejumlah pengurus Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Bali pun berkunjung mengunjungi Opa John untuk melihat dari dekat kondisi dan membuat video untuk mengabarkan kepada keluarga di Gorontalo sekaligus meminta petunjuk dan bantuan dari pemerintah.

Begitu melihat video itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun langsung memberikan respon super cepat, Kamis (4/3/2021). Berikut ini langkah cepat Gubernur Gorontalo yang dirangkum Hulondalo.id seperti yang diwartakan kominfo.

Menghubungi Ketua KKIG Bali

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie langsung menghubungi Ketua KKIG Bali, Abdullah Muhammad. Gubernur Rusli Habibie pun meminta dinas terkait untuk memulangkan John Katili ke Gorontalo agar bisa ditampung oleh keluarga dekatnya.

“Jadi hari ini saya sudah perintahkan humas saya melalui Dinas Kominfo dan Dinas Sosial untuk mencari tahu siapa keluarga Pak John di Gorontalo yang mau menampung,” kata Rusli.

“Terkait dengan pemulangan dan pengobatannya selama di Gorontalo akan kami tanggung. Yang terpenting, ada keluarganya dulu yang mau menerima di sini,” sambung Rusli

“Untuk pemulangan dan perawatan kesehatan, insya Allah kita tanggung lewat APBD. Saya sangat prihatin dan sangat perhatian dengan kondisi beliau,” kata Rusli.

Sudah Ada Kontak dengan Keluarga John Katili

Setelah diperintahkan Gubernur Rusli Habibie, tim humas berhasil menemui salah seorang adiknya yang berdomilisi di Kelurahan Pilolodaa, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Namanya Siti Katili.

John rupanya memiliki 6 orang saudara kandung, namun 5 di antaranya sudah meninggal dunia. Sementara Siti Katili dalam kondisi sakit stroke dan tidak memungkinkan menampung John saat dipulangkan ke Gorontalo.

Beruntung, ada keluarga John yang lainnya di Kelurahan Bongohulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo. Namanya Nur Katili yang merupakan sepupu opa John. Nur bahkan sudah siapkan kamar khusus jika John tiba di Gorontalo.

Merantau di Bali 20 Tahun

Ketua KKIG Bali, Abdullah Muhammad menjelaskan, John Katili diketahui sudah 20 tahun merantau di Bali. John dulu bekerja dengan orang Bali namun karena orang tempatnya bekerja sudah meninggal dunia, maka John tinggal sebatang kara. John rupanya memiliki anak dan sedang merantau di Kalimantan.

Menurut pengakuan dari keluarga pula yang viral di media sosial, kabarnya John sebelum berada di Bali sedang merantau di Aceh dan dikira sudah meninggal dunia karena lama kehilangan kontak dengan keluarga.

Gubernur Gorontalo Malah Berterima Kasih

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

Secara resmi, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengucapkan terima kasih kepada KKIG Bali yang sangat peduli terhadap kondisi warga Gorontalo di perantauan. Rusli berharap, kejadian ini menjadi contoh positif bagaimana kepedulian organisasi paguyuban yang saling tolong menolong dan bagaimana media sosial seharusnya digunakan untuk berbagi kebaikan.(adv/alex)