Ketua DKPP Minta Penyelenggara Pemilu Jangan Nongkrong di Warkop

Ketua DKPP Minta Penyelenggara Pemilu Jangan Nongkrong di Warkop

16/11/2020 22:48 0 By Alex

Ketua DKPP Muhammad

Ketua DPKK Prof Muhammad pada pada kegiatan Penguatan dan Pengarahan dalam rangka Sinergitas Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Masa Pandemi Covid-19, di Gorontalo, Senin (16/11/2020). (F. Salman/Humas)

Hulondalo.id – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Prof Muhammad menghimbau penyelenggara Pemilu agar tidak nongkrong di warung-warung kopi (warkop) hingga pelaksanaan Pilkada selesai.

“Warkop itu biasanya juga jadi tempatnya tim sukses, peserta Pemilu,” tegas Prof Muhammad pada kegiatan Penguatan dan Pengarahan dalam rangka Sinergitas Pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di Masa Pandemi Covid-19, Senin (16/11/2020).

“Kalau teman-teman penyelenggara, terutama ad hoc, selalu kelihatan bersama-sama dengan peserta Pemilu, tim sukses, nanti publik akan melihat kedekatan peserta (pemilu) dengan wasit (penyelenggara Pemilu) ini bisa menyebabkan adanya keraguan bagi masyarakat. Kepercayaan publik berkurang,” sambung dia.

Tak hanya soal nongkrong di warkop, Prof Muhammad juga meminta agar penyelenggara Pemilu menghindari media sosial, terutama grup-grup WhatsApp (WA).

“Kalau di grup WA anda tergabung dengan paslon atau tim sukses, silahkan keluar dulu sementara. Hindari kesan keberpihakan sampai Pilkada selesai,” pinta Prof Muhammad.

Menurutnya, ada beberapa perkara etik mengkonfirmasi ada tangkapan layar dialog antara penyelenggara dan paslon di grup WA yang tidak disadari oleh penyelenggara Pemilu itu menunjukkan keberpihakan.

“Urusan penyelenggara Pemilu, bukan kepada siapa yang nantinya akan terpilih tapi pada proses-proses yang berkualitas dan berintegritas,” katanya.

Selain Ketua DKPP, pada kegiatan itu hadir pula Ketua Bawaslu RI Abhan, Komisioner KPU Viryan Azis dan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang digelar di Grand Palace Convention Center, Kota Gorontalo.(adv/alex)