Ketua PMI Gorontalo Bangga Aksi Donor Darah Bold Riders

Ketua PMI Gorontalo Bangga Aksi Donor Darah Bold Riders

29/10/2020 11:20 0 By Syakir

Hulondalo.id – Kegiatan donor darah dengan tema “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” di Kantor PMI Kota Gorontalo, Minggu (25/10/2020) dihadiri Ketua PMI Gorontalo Risman Taha.

Dalam sambutannya Risman taha menyebut, kegiatan yang diikuti 18 komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Gorontalo ini sangat membanggakan. Buktinya, kegiatan ini mampu mengumpulkan 140 kantong darah dari 152 peserta yang ikut serta.

“Saya merasa bangga dengan apa yang telah dilakukan anak-anak motor ini. Mereka mampu membalikkan stigma yang selama ini melekat bahwa anak motor identik dengan berbagai hal negatif. Tetapi kali ini, apa yang mereka lakukan sungguh luar biasa,” sebutnya.

Sementara itu Koordinator Bold Riders Gorontalo Agus Hermawan mengatakan antusiasme dari komunitas motor di Gorontalo untuk mengikuti kegiatan ini sangat besar. Bahkan pendonor baru mencapai 95 persen. Padahal selama ini anak-anak motor ini mendapat black list dari PMI Gorontalo.

“Mungkin lebih dari 10 kali, bikers di Gorontalo selalu PHP saat ada kegiatan donor darah. Mereka selalu berjanji untuk ikut serta, tetapi pada hari H justru tidak datang. Setelah sukses di acara ini, PMI mengajak komunitas Bold Riders untuk bekerja sama dengan mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali,” kata Agus.

Donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung oleh Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah

“Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (*)