Khawatir Covid-19 Berdampak ke Petani Jagung, Ini Harapan Roni Imran

Khawatir Covid-19 Berdampak ke Petani Jagung, Ini Harapan Roni Imran

26/03/2020 22:29 0 By Maman

Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara Roni Imran.

Hulondalo.id – Khawatir Covid-19 bisa berdampak terhadap hasil panen jagung, Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara Roni Imran berharap, pemerintah daerah perlu memberikan jaminan kepada petani jagung, bahwa hasil panen jagung bisa tetap dijual.

Kekhawatiran ini bisa menjadi kenyataan, jika nanti wabah Covid-19 ini membuat daerah akan berstatus lockdown. Utamanya daerah-daerah yang menjadi tujuan pengiriman jagung dari Gorontalo Utara.

“Harus ada langkah dan upaya untuk mengantisipasi jika itu terjadi nanti,” kata Roni.

Roni mengatakan, selama ini pasca jagung dipanen, maka akan langsung ke gudang-gudang penampungan. Setelah itu, masuk ke kapal dan dikirim ke pabrik. Bagaimana jadinya kata dia, jika pabrik untuk sementara waktu ditutup, dengan alasan wabah ini.

“Dampaknya langsung dirasakan para petani, kemana jagung akan ditampung, ini harus diseriusi dan diantisipasi oleh pemerintah daerah, siapa yang akan membeli jagung tersebut,” ungkap Roni.

Gudang penampungan yang ada kata dia, tidak mampu menampung hasil panen jagung. Jika dihitung-hitung, misalnya hasil panen jagung mencapai 200 ribu ton.

“Termasuk gudang-gudang yang ada di desa, kemungkinan hanya bisa menampung 30% dari jumlah produksi,” ujar Roni.

Kepada para petani juga, Roni berharap, jagung yang dipanen benar-benar tua, kemudian harus dikeringkan. Kalaupun akan disimpan, dapat diberikan obat agar kurun waktu antara 3 hingga 4 bulan, tidak akan rusak. (Prin/Adv)