Khawatir Cuaca Ekstrim, Warga Gorontalo Diminta Rajin Pantau Info Cuaca BMKG

Khawatir Cuaca Ekstrim, Warga Gorontalo Diminta Rajin Pantau Info Cuaca BMKG

13/01/2020 17:30 0 By Alex

Kapolda Gorontalo

Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil.

Hulondalo.id – Melihat berbagai fenomena alam di berbagai wilayah Indonesia, tak terkecuali di Gorontalo belakangan ini, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Drs Wahyu Widada MPhil menghimbau kepada seluruh masyarakat agar rajin memantau informasi cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Ini agar sedini mungkin masyarakat bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, ada informasi gelombang tinggi maka diharapkan para nelayan bisa mengurangi aktivitasnya di laut,” harap Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Wahyu Widada, Senin (13/1/2020).

“Begitu juga jika ada informasi curah hujan yang tinggi, harapannya masyarakat juga mesti waspada terhadap terjadinya banjir atau longsor, khususnya di wilayah-wilayah yang rawan terjadi bencana,” tambah mantan Wakapolda Riau itu.

Tidak hanya sebatas menghimbau, Brigjen Pol Wahyu Widada pun telah melakukan berbagai langkah antisipatif jika terjadi hal-hal yang diluar dugaan. Khusus di internal kepolisian sendiri, Kapolda sudah menginstruksikan kepada seluruh polres jajaran untuk siap menghadapi bencana dan selalu berkoordinasi dengan BNPB, TNI, Basarnas dan sejumlah instansi terkait lainnya.

“Kami juga telah melakukan mapping wilayah rawan bencana, menyiapkan posko-posko baik di Polda maupun Polres jajaran, yang kapan pun akan dibutuhkan kita siap,” tandas Kapolda.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono SIK menekankan kepada seluruh jajaran institusi Korps Tribrata berlambang Maleo itu untuk siap siaga membantu masyarakat kapan pun dibutuhkan, termasuk dalam menghadapi bencana.

“Kapan pun kita dibutuhkan masyarakat, kita siap hadir,” tegas Wahyu.(Alex)