KID Provinsi Gorontalo Dilantik, Wagub Minta Segera Buat Rencana Kerja

KID Provinsi Gorontalo Dilantik, Wagub Minta Segera Buat Rencana Kerja

09/04/2021 19:33 0 By Alex

KID Provinsi Gorontalo

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota KID Provinsi Gorontalo periode 2020-2024, Jumat (9/4/2021). (F. Haris)

Hulondalo.id – Anggota Komisi Informasi Daerah (KID) Provinsi Gorontalo periode 2020-2024 dilantik Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, Jumat (9/4/2021).

Anggota KID diangkat berdasarkan Keputusan Gubernur Gorontalo Nomor 335/17/XII/2020 tentang Penetapan Anggota KID Provinsi Gorontalo Periode 2020-2024 tertanggal 30 Desember.

Adapun anggota KID Provinsi Gorontalo masing-masing Idris Kunte, Iswan Lihawa, Kindom Makkulawuzar, Irwan Karim dan Dedi Idji.

Pada pelantikan ini turut dihadiri Komisioner Komisi Informasi Pusat Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi, Wafa Patria Umma, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Provinsi Gorontalo, Masran Rauf serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Gorontalo.

“Penetapan anggota KID Provinsi Gorontalo ini prosesnya cukup panjang karena ada uji kelayakan dan kepatutan di DPRD dan Komisi Informasi Pusat,” ujar Wakil Gubernur Idris Rahim.

Menurutnya, sebagai lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, KID harus mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Kata Idris, anggota KID tidak hanya dituntut untuk menguasai aturan tentang keterbukaan informasi publik, tetapi juga aturan badan publik lainnya karena selama masa tugasnya akan menangani berbagai sengketa informasi publik yang dalam penyelesaiannya harus sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku.

“Olehnya, KID harus membuat petunjuk teknis layanan informasi publik dan penyelesaian sengketa informasi publik melalui mediasi atau ajudikasi nonlitigasi. Segera lakukan konsolidasi organisasi, buat rencana kerja dan rencana hasil agar KID dapat berdaya guna dan berhasil guna, serta bermanfaat bagi masyarakat,” harap Idris.(adv/alex)