Kisah Dewi Kemakmuran Siap Ditampilkan di Festival Panji Nusantara

Kisah Dewi Kemakmuran Siap Ditampilkan di Festival Panji Nusantara

22/11/2020 15:17 0 By Maman

Festival Budaya Panji Nusantara

Delegasi Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar melakukan latihan persiapan akhir jelang Festival Budaya Panji Nusantara, dengan menampilkan kisah Entit’ atau cerita Dewi Sri alias Dewi Kemakmuran. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Kisah Entit’ atau cerita Dewi Sri alias Dewi Kemakmuran, siap ditampailkan delegasi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Parbudpora) Kabupaten Blitar, dalam Festival Budaya Panji Nusantara, 27 November 2020.

Kabid Budaya Dinas Parbupora Kabupaten Blitar, Drs. Suhartono MM mengatakan, mengikuti Festival Panji dimanapun tempatnya, seakan suatu keharusan. Sebab kata dia, salah satu Kitab Ajaran Panji tersimpan di Bhumi Laya Ika Tantra Adi Praja nama lain dari Kabupaten Blitar.

“Sehingga kabupaten Blitar juga adalah salah satu sumber dari budaya Panji ini bermula,” kata Hartono, Jum’at (20/11/2020).

Terkait Budaya Panji Nusatara kata Hartono, Blitar ini memiliki peninggalan kitabnya yang tersimpan di relief-nya Candi Palah Penataran, yang tersirat mengisahkan tentang budaya Panji.

“Dengan mendukung kegiatan-kegiatan berbasis budaya, diharapkan dapat menumbuhkembangkan ekosistem kebudayaan yang mengakar kuat pada kearifan-kearifan lokal Indonesia, dengan berlangsungnya ekosistem kebudayaan yang berkesinambungan, secara jangka panjang diharapkan dapat memastikan kelestarian dan keberlangsungan khazanah budaya di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang dinamis,” ungkap Hartono.

Dalam rangka menyukseskan Festival Budaya Panji Nusantara di Malang kata Hartono, dibawah asuhan Bidang Budaya, Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, tim delegasi telah melakukan latihan persiapan akhir festival.

Cerita Panji sendiri dimulai dari zaman Kerajaan Kediri, berlanjut di zaman Majapahit dan menjelma sebagai alat diplomasi budaya Majapahit, yang hingga kini persebaran Cerita Panji telah ada di beberapa tempat di Jawa, Bali, Kalimantan, Malaysia, Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Filiphina

25 crew telah disiapkan dibawah dua orang koordinator masing-masing, koordinator Penari Putra, Jovanda Arviansyah dan Koordinator penari putri, Putri Ifana Nilam Arimbi.

“25 crew ini terdiri dari penari, pengrawit, perias, dan penata tari, kita akan pentaskan cerita “Entit’ Sang Pembawa Kemakmuran dengan sosok Dewi Sri dalam mitologi masyarakat Jawa,” ujar mereka.

“Insya Allah, sisa waktu latihan ini kita bisa mempersembahan karya terbaik, dan juga kami meyakini akan bisa tampil maksimal,” tutup dua Mahasiswa Universitas Negeri Malang dari Srengat tersebut. (Anang/Kmf/adv)