Kisah Patriotik Nani Wartabone Difilmkan, 5 Hal Ini yang Diminta Kemendikbud ke Hamim

Kisah Patriotik Nani Wartabone Difilmkan, 5 Hal Ini yang Diminta Kemendikbud ke Hamim

13/11/2019 11:20 0 By Alex

Bupati Bone Bolango Hamim Pou bersama Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid saat berdiskusi terkait rencana pembuatan Film Nani Wartabone. (F. FB/istimewa)

Hulondalo.id – Usulan pembuatan film kisah perjuangan Nani Wartabone yang dikenal dengan Hari Patriotik 23 Januari 1942 telah disetujui Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid pun meminta dukungan langsung dari Bupati Bone Bolango (Bonebol) Hamim Pou untuk proses pembuatan film Pasukan Rimba Gorontalo tersebut. Bahkan saking seriusnya penggarapan film Nani Wartabone, Dirjen Kebudayaan meminta kehadiran langsung Bupati Bonebol, dan tidak boleh diwakilkan.

“Alhamdulillah, saat ini sudah persiapan pembuatan skenario, pengumpulan data, pengambilan stok gambar. Tahapan ini membutuhkan waktu kurang lebih selama 3 bulan,” ujar Bupati Bonebol Hamim Pou kepada Hulondalo.id, Selasa (12/11/2019) malam.

Adapun dukungan yang diminta Kemendikbud kepada Bupati Bonebol, di antaranya perizinan lokasi yang meliputi lokasi, keamanan hingga perjalanan antar lokasi untuk riset dan produksi (shooting film).

Kemudian terkait akses kepada narasumber lokal untuk riset dan pengembangan cerita, serta akomodasi untuk tim produksi film selama produksi berlangsung. Selain itu, transportasi lokal untuk tim produksi film selama produksi berlangsung dan akses untuk calon investor.

“Untuk kurasi proposal dan ide cerita film, biaya riset pengembangan cerita, penulisan skenario akan didukung sepenuhnya oleh Kemendikbud,” tambah Hamim.

Dukungan Badan Perfilman Indonesia (BPI) untuk Film Patriotik Nani Wartabone juga berupa pendampingan teknis kepada pemerintah daerah untuk persiapan produksi film.

“Banyak keteladanan yang ditinggalkan pak Nani Wartabone dan mereka yang memperjuangkan kemerdekaan Gorontalo. Dan banyak pula yang belum terungkap akan digambarkan dengan jelas melalui Film ini. Saya minta dukungan dan doa dari masyarakat Gorontalo, khususnya di Bone Bolango untuk kelancaran prosesnya nanti,” pungkas Hamim.(adv/Alex)