KJB Hearing dengan Kominfo, Pertanyakan Transparansi Anggaran Publikasi

KJB Hearing dengan Kominfo, Pertanyakan Transparansi Anggaran Publikasi

24/07/2020 15:26 0 By Maman

RDP digelar Komisi III DPRD Kabupaten Blitar terkait pengelolaan anggaran publikasi oleh Dinas Kominfo kabupaten Blitar. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Blitar) – Puluhan pewarta dari sejumlah media, mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi 3 DPRD Kabupaten Blitar, Jawa Timur yang menghadirkan Dinas Kominfo, Kamis (23/7/2020).

Puluhan jurnalis yang tegabung dalam Komunita Jurnalis Blitar (KJB) itu, mempertanyakan soal anggaran publikasi beserta, serta syarat media yang bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah. Tak hanya itu, mereka juga ikut mempertanyakan implementasi undang undang yang mengatur keterbukaan publik.

Bahkan sempat diungkap, data anggaran publikasi beberapa tahun terakhir yang nilainya miliaran rupiah. Lemahnya SDM hingga minimnya anggaran yang dikelola Kominfo saat ini, ikut jadi sorotan.

Menanggapi keluhan keluhan itu, Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Blitar Sugianto mengatakan, baginya semua media yang sudah berbadan hukum resmi dan jelas, sejatinya bisa kerjasama dengan pemerintah daerah dalam hal publikasi.

Ketua Komisi 3 DPRD Kabupaten Blitar Sugianto.

Sugi pun mengingatkan, kendati penentuan media yang menjadi mitra kerjasama adalah urusan Dinas Kominfo, namun untuk kerjasama dengan angka diatas 200 juta, harusnya dilelangkan, sehingga lebih kompetitif.

“Tapi dalam hal itu semuanya punya pedoman yang dijadikan acuan saya mohon ada solusi terbaik untuk menyikapi tentang hal ini, dan dalam hal ini Dinas Kominfo dan para media bisa menjadi mitra yang baik dan saling sinergitas,” Jelasnya.

Disinggung masalah acuan dasar dalam ketentuan kemitraan yang semestinya sesuai tata kelola administrasi yang pas, pihak Kominfo mengaku selama ini belum dilengkapi punya acuan jelas, minimal seperti peraturan Bupati. (SA)