Kondisi Satpam PLTU Tomilito Mulai Membaik, Youke: Ada 2 TKA Pulang ke Cina

Kondisi Satpam PLTU Tomilito Mulai Membaik, Youke: Ada 2 TKA Pulang ke Cina

29/01/2020 21:33 0 By Maman

Tim dari OPD gabungan, Dikes Gorontalo Utara, Dikes Provinsi Gorontalo dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi saat melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan PLTU Tomilito.

Hulondalo.id – Kondisi kesehatan Satpam di PLTU Tomilito mulai membaik, setelah sebelumnya diberitakan dalam keadaan sakit. Kunjungan OPD gabungan dari Provinsi Gorontalo dan Gorontalo Utara ke PLTU Tomilito, juga memastikan kondisi para Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Gorontalo Utara Youke LH Lumataw mengatakan, Satpam yang bertugas di PLTU Tomilito yang sempat dikabarkan sakit, Rabu (29/1/2020) telah masuk kerja.

“Saat ditanya kalau masih ada keluhan, dia mengaku batuk dan flu,” kata Youke usai mengadakan kunjungan ke lokasi PLTU Tomilito bersama sejumlah OPD terkait.

Youke juga menyampaikan, pemeriksaan secara medis terhadap satpam, tidak dilakukan lagi. Sebab, Dokter sudah menyarankan kepadanya, tiga hari setelah pemeriksaan sebelumnya, diminta balik untuk melakukan pemeriksaan kembali.

“Mungkin Kamis (30/1/2020), akan diperiksa lagi ke puskesmas, tapi jika dilihat dari fisiknya, dia sudah lebih baik dari pemeriksaan sebelumnya,” jelas Youke.

Sementara itu, terkait keberadaan dan aktivitas TKA di PLTU Tomilito, Youke menjelaskan, konfirmasi secara langsung sudah dilakukan, khususnya kondisi kesehatan para TKA tersebut, termasuk jumlah TKA China.

Penjelasan yang diperoleh kata Youke, sekitar 2 atau 3 minggu sebelum imlek, ada 15 TKA tiba di PLTU Tomilito. Kemudian, beberapa hari sebelum imlek juga, 2 TKA kembali ke China untuk merayakan imlek. Dan kedua TKA ini kata Youke, belum kembali ke Indonesia maupun PLTU Tomilito.

“Sisanya atau 13 TKA China tidak kemana-mana saat itu hingga kini, kami juga sudah mengkonfirmasi terkait kondisi kesehatan para TKA yang ada saat ini, perusahaan menginformasikan bahwa tidak ada yang sakit, namun jika ada gejala sakit, tolong langsung diperiksakan ke puskesmas,” tukasnya.

Kedepan kata Youke lagi, akan ada TKA China masuk ke lokasi pembangunan PLTU Tomilito. Perusahaan dalam pertemuan itu kata Youke, akan melakukan antisipasi dan mewajibkan pekerja untuk dikarantina lebih dulu.

“Ada upaya antisipasi dari perusahaan yang mewajibkan mereka untuk dikarantina dulu, dan proses karantina sesuai informasi dilakukan di Jakarta dan Makasar,” ungkap Youke.

Sementara itu, kunjungan ke lokasi pembangunan PLTU Tomilito yang dilakukan OPD gabungan antara lain, Tim Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo serta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (Prin)