Kota Gorontalo Bisa Menjadi Kota Jasa Unggulan, Simak Syarat dari Rektor UNG Ini

Kota Gorontalo Bisa Menjadi Kota Jasa Unggulan, Simak Syarat dari Rektor UNG Ini

25/02/2021 21:23 0 By Alex

Rektor UNG Eduart Wolok

Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr Ir Eduart Wolok ST MT

Hulondalo.id – Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr Ir Eduart Wolok ST MT ingin Kota Gorontalo sebagai Kota Jasa unggulan karena merupakan kota yang paling maju di Provinsi Gorontalo, bahkan di kawasan Teluk Tomini yang memiliki sektor jasa sebagai primadona.

Hal itu diungkapkan Rektor UNG Eduart Wolok pada webinar dengan tema “Menuju Smart City: Regulasi, Tantangan dan Inovasi” yang digelar, Kamis (25/2/2021).

Dikatakan Eduart, keberadaan Kota Gorontalo sebagai sektor jasa sebagai unggulan harus disentuh dengan pelayanan dengan pendekatan smart city untuk menunjang Kota Gorontalo sebagai kota jasa.

“Kita berharap ke depan Gorontalo akan menjadi kota yang dinamis. Kota yang harus dipertegas dengan visi kawasan yang transformatif, agenda dan program harus didesain menjadi seperti Hub atau penghubung perdagangan dan pelayanan di kawasan Teluk Tomini. Harusnya ini kita susun dan jalankan dengan baik agar supaya ini bisa merubah Gorontalo ke depan,” harap Eduart.

Menurutnya, kota yang dinamis memiliki 4 sasaran yaitu standar pelayanan yang maksimal, indikator sistem tata ruang yang handal, indikator kepuasan pelanggan yang maksimal, dan indikator keberlanjutan lingkungan.

“Untuk mengimplementasikan model ini harus dilakukan pendekatan model bottom up, pengembangan Model Musrenbang Dinamis (Forum menggali gagasan dan aspirasi), analisis koherensi dengan pedoman program dan proyeksi masa depan kota dan membuat peta strategi dari ide-ide yang koheren berdasarkan beberapa variabel kunci berdasarkan input dari bawah,” urai Eduart.

Sebelumnya, webinar dengan tema “Menuju Smart City: Regulasi, Tantangan dan Inovasi” diselenggarakan oleh Climate Institute yang didukung oleh Friedrich Nauman Foundation, Kementerian Hukum dan HAM, Pusat Inovasi UNG dan Dinas Kominfo Kota Gorontalo juga menghadirkan Walikota Gorontalo Marten Taha sebagai pemateri.(adv/Mg01)