KPPS, Petugas Keamanan Pilkada Kabupten Blitar Bakal Jalani Rapat Tes

KPPS, Petugas Keamanan Pilkada Kabupten Blitar Bakal Jalani Rapat Tes

16/10/2020 18:41 0 By Maman

Rakor digelar KPU bersama Forkopimda Kabupaten Blitar, terkait persiapan pelaksanaan rapid tes bagi KPPS dan petugas ketertiban pemungutan suara Pilkada Kabupaten Blitar tahun 2020. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Kurang lebih, 20.200 petugas KPPS Pilkada Kabupaten Blitar, bakal menjalani rapid tes sebelum menjalankan tugas. Persiapan sejak sekarang dilakukan, melibatkan sejumlah OPD dan instansi terkait.

Persiapan tersebut dibahas dalam Rakor yang digelar KPU bersama Forkopimda Kabupaten Blitar. Rapid tes, merupakan langkah antisipasi timbulnya klaster baru di tengah pandemi Covid-19. Banyaknya orang yang akan dirapid tes, membutuhkan persiapan khusus dan matang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, saat ini alat Rapid Test di Dinas Kesehatan yang tersedia sebanyak 9000 alat. Untuk penambahan kata dia, masih harus dipersiapkan dan dikomunikasikan dengan rekanan penyedia alkes.

“Kesiapan tenaga medis dimasing-masing kecamatan masih ditata,” kata Krisna.

Sementara itu, Kasatpol PP Kabupaten Blitar, Rustin Tri Setyobudi mengatakan, 4.556 personil akan dikerahkan untuk memaksimalkan pengawasan ketertiban dan keamanan pelaksanaan rapid tes pilkada dimasing-masing Kecamatan serta desa/ kelurahan.

“Personil yang dikerahkan berusia dibawah 45 tahun, karena Covid-19 rentan pada usia diatas 45 tahun,” kata dia.

Kegiatan Satpol PP kata dia lagi, sesuai dengan kapasitas dan kemampuannya menyiapkan petugas linmas. Personil kata dia, sudah siap dan sudah mendapatkan SK dari Bupati Blitar. Masyarakat diharapkan tenang dan dewasa menghadapi Pilkada, agar berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Kami yakin kesadaran itu ada dimasyarakat Kabupaten Blitar, diharapkan terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19, bersama-sama menjaga, saling sadar, saling menjaga, agar tidak terjadi penambahan pasien covid-19,” pungkasnya.

Dari data yang ada, kebutuhan terbanyak untuk petugas PPS dengan jumlah TPS tertinggi ada di Kecamatan Kanigoro, Srengat serta Ponggok.

Rakor yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Blitar, Hadi Santoso ini digelar di Gedung KPU kabupaten Blitar Garum Blitar. Hadir pula, Kepala BakesbangPol Kabupaten Blitar, Imam Sugito, Kasi Ops Kodim 0808, Kapt. Edi Prayitno, Kabag Ops Polres Blitar, AKP Muhaimin, Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Sabar Arundi. (Anang/Kmf/Adv)