KPU Bone Bolango Luncurkan Aplikasi SIMULTAN

KPU Bone Bolango Luncurkan Aplikasi SIMULTAN

22/01/2020 12:54 0 By Jeffry

Suasana Peluncuran Aplikasi SIMULTAN secara resmi dipimpin langsung Komisioner KPU RI Viryan Aziz, Selasa (21/1/2020) 

Hulondalo.id – Untuk memudahkan akses informasi data pemilih yang akurat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango kembali berinovasi dengan memperkenalkan secara resmi aplikasi berbasis digital di masyarakat melalui aplikasi SIMULTAN ( Sinergitas Pemutakhiran Data Berkelanjutan).

Aplikasi  yang sudah bisa diunduh di playstore itu, secara simbolis diluncurkan oleh Komisioner KPU RI Viryan Aziz, di Benteng Ulantha, Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo, Selasa (21/1/2020).

Ketua KPU Bone Bolango Adnan Berahim mengatakan, aplikasi SIMULTAN ini sejatinya tidak jauh berbeda dengan Beranda SIMULTAN ( Berita Pembaruan Data Sinergitas Pemutakhiran Berkelanjutan) yang sudah diluncurkan beberapa waktu lalu. Dimana, untuk mendapatkan data yang akurat pihaknya bersinergi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bone Bolango, sehingga data yang ditampilkan berjalan sinkron.

“Aplikasi SIMULTAN dan Beranda Simultan itu sama kegunaanya, namun bedanya jika Beranda Simultan itu dilakukan secara manual berupa papan pengumuman,  sementara aplikasi SIMULTAN itu bisa diunduh dan akses jangkauan kapan saja bisa dilihat melalui Android,dan ini akan terus kita kerjakan hingga masa bakti komisioner KPU berakhir 2024 nanti, ” ungkap Adnan Berahim.

Sementara itu, Komisioner KPU RI Viryan Aziz sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan KPU Bone Bolango, dimana inovasi tersebut merupakan pertama kali dilakukan di Indonesia.

“Inovasi ini tentunya KPU RI mendukung sepenuhnya layanan teknologi informasi berbasis aplikasi ini, dan juga diharapkan ini dapat menjadi percontohan nasional demi mendapatkan informasi teraktual dan berkelanjutan terkait data pemilih,  ” katanya.

Peluncuran aplikasi SIMULTAN ini juga dihadiri Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Wakil Bupati Mohamad Kilat Wartabone, Ketua DPRD Halid Tangahu, dan unsur Forkopimda Bone Bolango lainnya, serta Komisioner KPU dan Bawaslu Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.(Jeff)