KPU Sosialisasikan Pemilu Kepada Pemilih Pemula melalui Lomba Cerdas Cermat

KPU Sosialisasikan Pemilu Kepada Pemilih Pemula melalui Lomba Cerdas Cermat

20/12/2018 13:56 0 By Alex

Lomba cerdas cermat tentang kepemiluan dan demokrasi yang digelar oleh KPU Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Dikbudpora Provinsi Gorontalo.

Hulondalo.id – Untuk mensosialisasikan pemilu kepada pemilih pemula, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan cerdas cermat tentang kepemiluan dan demokrasi, Kamis (20/12/2018). Kegiatan itu diikuti oleh perwakilan SMA sederajat dari seluruh Provinsi Gorontalo.

Adapun lomba cerdas cermat ini, KPU Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Provinsi Gorontalo.

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Selvi Katili, mengatakan bahwa cerdas cermat ini sejatinya untuk memberikan edukasi kepada kalangan milenial melalui lomba tersebut.

Yang terpenting, kata Selvi, bukan dari sisi kompetisinya, bukan dari hadiahnya, namun lebih dari itu diharapkan menjadi ajang sosialisasi dan edukasinya kepada pemilihnya, terutama kalangan milenial.

“Jadi sosialisasi yang kita tonjolkan. Harapannya, dengan adanya aktivitas tentang kepemiluan ini kalangan milenial juga tidak hanya mendapatkan berbagai informasi, tapi juga mereka paham akan tahapan-tahapan pemilu,” kata Selvi kepada Hulondalo.id.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem, berharap dengan adanya kegiatan lomba cerdas cermat ini bisa meningkatkan partisipasi pemilih pemula sekaligus dapat berperan aktif pada Pemilu 2019 nanti.

“Harapan kami, mereka juga bisa menjadi agen dalam mensosialisasikan pemilu kepada kalangan milenial,” kata Fadliyanto.

Pada lomba cerdas cermat dan yel-yel pemilu ini, KPU menyediakan total hadiah sebesar Rp 9 Juta. Juara 1 mendapatkan hadiah sebesar Rp 3 Juta, juara II senilai Rp 2 juta dan juara III mendapatkan hadiah Rp 1,5 Juta.(hl/rinto)