KPU Tolitoli Evaluasi Coklit, Pemilih Tidak Memenuhi Syarat 42.619

KPU Tolitoli Evaluasi Coklit, Pemilih Tidak Memenuhi Syarat 42.619

15/08/2020 20:05 0 By Maman

KPU Tolitoli menggelar rapat evaluasi terhadap pelaksanaan Coklit yang dilakukan PPDP. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Tolitoli) – Sejumlah kendala harus dihadapi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se Tolitoli, dalam pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian (Coklit). Kendala ini terungkap saat KPU Tolitoli menggelar rapat evaluasi, Jum’at (14/8/2020).

Dalam rapat yang dibuka Plh Ketua KPU Tolitoli, Irwan B ini, kendala yang dihadapi PPDP rata-rata hampir sama. Antara lain, terkait dokumen kependudukan, seperti masih adanya warga yang belum memiliki KTP-el, Surat Keterangan Dukcapil dan Kartu Keluarga (KK).

Padahal dokumen-dokumen ini, merupakan basis data dalam pemutahiran Data Pemilih. Ada juga kendala lain yang ditemui PPDP. Penolakan terhadap kedatangan PPDP, dengan alasan, PPDP bisa membawa Virus Corona ke rumah warga. Namun, setelah mendapat penjelasan, warga mau menerima dan didata.

Terlepas dari kendala tersebut, PPDP kata Irwan, telah bekerja sesuai dengan mekanisme. Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan ini juga menyampaikan, ucapan terimakasih kepada seluruh PPDP yang telah bekerja keras dalam melakukan coklit.

“Berbagai kendala yang terjadi, tidak membuat semangat PPDP menurun hingga pendataan bisa berjalan dengan maksimal,” kata Irwan.

Sementara itu, Anggota KPU Tolitoli, Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Muhadir mengatakan, KPU terus berupaya membantu masyarakat dalam memfasilitasi pembuatan Dokumen Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Sebab, kedepan bukan hanya tentang perbaikan data saja, tapi juga demi keamanan data agar tidak terjadi konflik,” tegas Muhadir.

Coklit ini telah berakhir pada 13 Agustus 2020. Data yang diperoleh, yang terrangkum dalam Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yakni, pemilih cocok 100.288 orang, pemilih ubah data 10.208 orang, pemilih baru 38.055 orang, pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) 42.619. Data ini selanjutnya akan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Rapat yang digelar digelar di Rumah Pintar KPU Tolitoli ini, dihadiri penyelenggara PPK sebanyak 20 orang, perwakilan masing-masing dari 10 kecamatan. (Andis/Adv)