Kukuhkan Satuan Perlindungan Masyarakat, Marten: Persiapkan Fisik & Menta

Kukuhkan Satuan Perlindungan Masyarakat, Marten: Persiapkan Fisik & Menta

01/11/2021 15:18 0 By Maman

Walikota Gorontalo, Marten Taha saat mengukuhkan Satuan Perlindungan Masyarakat Kota Gorontalo. (Foto:hms)

Hulondalo.id – Mental dan fisik diminta Wali Kota Gorontalo, Marten Taha penting untuk dipersiapkan oleh Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).

“Harus mempersiapkan mental, fisik serta harus berani dan melakukan koordinasi dengan lintas sektor dalam menjalankan tugasnya,” ujarnya, Senin (1/11/2021).

Walilota juga mengatakan, ada beberapa tugas yang harus dijalankan, sebagaimana penjabaran dari pelaksanaan dari pelaksanaan Permendagri No.20 tahun 2020 tentang, Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat dan Perlindungan Masyarakat.

Tugas yang dijalankan antara lain, membantu penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum, dan linmas dalam skala kewenangan kelurahan, membantu penanganan ketentraman, ketertiban umum dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum.

“Nah, ini harus dijalankan oleh satuan perlindungan masyarakat di Kota Gorontalo, untuk tetap melindungi masyarakat itu sendiri,” ungkapnya.

Marten juga menjelaskan, tidak hanya itu, membantu dalam penanganan, pencegahan bencana kebakaran, menjaga keamanan dan ketertiban umum di masyarakat, pembinaan pembimbingan masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan, dan upaya pertanahan negara serta tugas lain yang diberikan satlinmas.

Dia menambahkan, saat ini dalam mengembang tugas ditengah-tengah masyarakat semakin berat dan kompleks serta penuh dengan resiko.

Diharapkan Wali Kota dua periode ini, satuan perlindungan masyarakat ini agar benar-benar menjalankan tugas sebaik-baiknya dan tetap teguh pada peraturan perundang-undangan. (Inkri)