Kuliah S2 Studi Lingkungan di Universitas Terbuka untuk SDM Unggul & Mampu Menerapkan SDGs

Kuliah S2 Studi Lingkungan di Universitas Terbuka untuk SDM Unggul & Mampu Menerapkan SDGs

21/09/2020 14:46 0 By Maman

Universitas Terbuka Pascasarjana

Hulondalo.id – Peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), harus terus dilakukan untuk mendukung laju pembangunan daerah maupun nasional. Ini selaras dengan program prioritas yang telah dicanangkan oleh Provinsi Gorontalo, dalam bentuk delapan Program Unggulan Provinsi Gorontalo. Salah satu program unggulannya adalah pendidikan yang lebih berkualitas.

Adanya SDM yang unggul, maka pemerintah daerah tidak mengalami hambatan dalam menerapkan pembangunan berkelanjutan, yang sifatnya mengutamakan pendekatan berbasis ekosistem. Pembangunan berkelanjutan atau yang dikenal dengan Sustainable Development Goal (SDGs), merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh para pimpinan dunia.

Tujuannya, untuk mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. SDGs memiliki 17 tujuan dan 169 target yang diharapkan dapat tercapai pada tahun 2030.

Dari 17 tujuan tersebut, terdapat 6 tujuan yang relevan dengan pembelajaran pada S2 Studi Lingkungan di Universitas Terbuka (UT), yakni akses air bersih dan sanitasi, energi bersih dan terjangkau, kota dan komunitas yang berkelanjutan, penanganan perubahan lingkungan, menjaga ekosistem laut, dan menjaga ekosistem darat.

Calon mahasiswa yang ingin meningkatkan kompetensi diri dalam 6 tujuan program pada SDGs tersebut diatas, dapat belajar dan berkuliah dengan menempuh pendidikan S2 Studi Lingkungan di UT.

Program S2 Studi Lingkungan di UT mempersiapkan Lulusan Program Magister Studi Lingkungan yang memiliki pengetahuan lanjut, dalam perannya menjadi akademisi, peneliti, pegawai pemerintah dan praktisi (seperti Konsultan Lingkungan, Pemerhati Lingkungan, Ahli Konservasi Lingkungan, dan lain-lain), dan memiliki kemampuan menganalisis berbagai permasalahan lingkungan dengan pendekatan yang bersifat holistik, inovatif, dan terpadu untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Lebih lanjut diharapkan juga, lulusan dapat menjadi SDM yang memiliki kemampuan memecahkan berbagai permasalahan lingkungan yang berbasis kebijakan, teknologi, penggunaan big data yang berbasis digital, serta kearifan lokal.

Program S2 Studi Lingkungan di UT memiliki Visi: Menjadi prodi yang unggul dalam bidang pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan di era digital, menggunakan pendekatan yang holistik, inovatif, dan terpadu yang berbasis kebijakan, teknologi, serta kearifan lokal yang diselenggarakan dengan sistem pendidikan jarak jauh.

Sedangkan Misi dari program studi ini, menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan menggunakan sistem belajar jarak jauh, menghasilkan lulusan yang menguasai metode riset dan pemecahan masalah lingkungan dengan menggunakan big data guna mendukung pembangunan berkelanjutan. Dan, mengembangkan jejaring kerjasama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Masa tempuh Program S2 Studi Lingkungan di UT adalah, 2 tahun dengan total 43 SKS, dan menerapkan skema layanan secara regular dan program perkuliahan online.

Adapun sistem pembelajaran/perkuliahan Program S2 Studi Lingkungan di UT adalah sebagai berikut:

  1. Belajar mandiri: Belajar atas inisiatif sendiri berdasarkan kapasitas masing – masing dengan waktu dan tempat belajar sesuai waktu yang dimiliki dan tempat yang disukai.
  2. Tutorial Tatap Muka: TTM bagi mahasiswa program reguler diselanggarakan dalam bentuk perkuliahan tatap muka di dalam ruang kelas (real class), sedangkan TTM untuk mahasiswa program online dilakukan melalui Tutorial Webinar (Tuweb)
  3. Tutorial online: Tutorial online dilakukan dalam bentuk bimbingan belajar melalui jaringan internet yang dapat diakses mahasiswa secara mudah dan fleksibel.

 Calon mahasiswa sudah dapat berkuliah Program S2 Studi Lingkungan di UT hanya dengan biaya terjangkau. SPP per semester untuk Program tersebut di atas adalah Rp8.000.000.

Dengan jumlah uang kuliah sebesar itu, mahasiswa mendapatkan layanan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB), layanan administrasi akademik, bahan ajar cetak, transkrip sementara, Tutorial Online (Tuton), Bimbingan Tesis Residensial (BTR), UAS, wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)/Penyerahan Ijazah (PI).

Ayo kuliah Program S2 Studi Lingkungan di UT, pendaftaran mahasiswa baru Pascasarjana Universitas Terbuka telah dibuka sampai dengan 2 Oktober 2020.

Untuk info lebih jelas silahkan datang ke Kampus Universitas Terbuka Gorontalo atau langsung ke laman UT Gorontalo www.gorontalo.ut.ac.id atau hubungi Pelma UT Gorontalo: 0821-8900-4878. (Adv)