Kuliah Umum di FHISIP UT, Prof Azyumardi: Kuatkan Empati di Masa Pandemi

Kuliah Umum di FHISIP UT, Prof Azyumardi: Kuatkan Empati di Masa Pandemi

15/07/2020 15:03 0 By Syakir

Kuliah Umum Prof Azyumardi 01

Kuliah Umum Prof Azyumardi di FHISIP UT Gorontalo, Selsa (14/7/2020). 

Hulondalo.id – Terbatasnya gerak sosial karena pandemi tidak menghalangi Fakultas Hukum Ilmu Sosial Politik (FHISIP) UT untuk berbagi pencerahan dan pengetahuan. Selasa (14/7/2020), FHSIP menggelar kuliah umum seri 2, yang diberikan oleh tokoh intelektual Islam Indonesia, Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA.

Dengan mengambil tema “Perkuat Kebersamaan dan Solidaritas Bangsa di Masa Pandemi dari Perspektif Sosiologi.” Sebagai moderator adalah Direktur UT Gorontalo, M. Husni Arifin, Ph.D, dalam pengantarnya menyatakan bahwa Indonesia memiliki modal besar memutus rantai penyebaran covid19 dengan solidaritas dan kebersamaan. Namun pada kenyataanya sangat berbeda sehingga inilah yang menarik untuk dibahas pada kuliah umum.

Mengenai hal itu, Prof. Azyummardi menjelaskan bahwa kita sekarang memasuki situasi yang serius, kita membutuhkan waktu yang lama untuk pulih. Banyaknya masalah itu, harus bisa menguatkan empati kita, dengan political emphaty, social emphaty dan tradisi filantropi.

Beliau melanjutkan bahwa tradisi filantropi merupakan karakter kedermawanan yang dalam islam dikenal istilah zakat infaq sedekah dan wakaf (Ziswaf). Semua ini harus dibangkitkan agar kita bersama-sama membangun solidaritas dan kebersamaan dalam memerangi pandemi Covid19.

Kuliah umum seri ke-2 ini disiarkan live via Microsoft Teams dan juga live di Youtube Channel Pendidikan UT TV. Mari ikuti seri-seri selanjutnya dari kuliah umum dan webinar Universitas Terbuka. Bersama UT mencerahkan tanpa batas ruang dan waktu. (adv)