Kunjungi Sumsel, Gubernur Rusli Promosi Pariwisata Gorontalo

Kunjungi Sumsel, Gubernur Rusli Promosi Pariwisata Gorontalo

30/10/2020 11:35 0 By Maman

Kopiah Karanji Gubernur Sumsel

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru saat menggunakan upia karanji, songkok khas Gorontalo yang diserahkan Gubernur Rusli Habibie, Kamis (29/10/2020). Kehadiran Rusli di Palembang untuk mempromosikan potensi wisata daerah dan mengajak Herman dan jajarannya berkunjung ke Gorontalo. (Foto: Alfred-Humas).

Hulondalo.id – Potensi pariwisata di Provinsi Gorontalo, dipromosikan langsung oleh Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dalam kunjungannya ke Provinsi Sumatera Selatan. Dalam agenda ini, Gubernur didampingi istrinya, Idah Syahidah dan Komunitas Otomotif JKMPC.

Kamis (29/10/2020), rombongan diterima langsung Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru. Ramah tamah di Bumi Sriwijaya ini, sekaligus menandai babak baru hubungan bilateral kedua daerah. Saat menyampaikan sambutannya, Gubernur Rusli menyebut beberapa obyek wisata di Provinsi Gorontalo.

“Kita punya wisata alam yang sangat indah. Di Gorontalo ada wisata Hiu paus di Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Gorontalo. Untuk bisa melihat hiu paus dari dekat cukup naik perahu dari bibir pantai dengan jarak sekitar 15 meter,” ucap Rusli.

Gubernur Rusli berharap, Gubernur Sumsel, Herman Deru dan masyarakat bisa berkunjung ke Gorontalo, bertukar pengalaman dan lebih mengenal budaya daerah. Kunjungan Gubernur Rusli ke Sumsel ini juga, pertama dilakukan sejak dilantik tahun 2012 lalu.

“Tetapi saya mengenal adik saya ini sudah cukup lama. Beliau ini tiap ada acara di Istana cukup aktif, paling cerewet lah. Apalagi kalau soal anggaran beliau perjuangkan untuk rakyat Sumsel,” puji Rusli.

Dalam acara yang sama juga, Gubernur Herman memuji Rusli yang dipandang sebagai senior politiknya. Politisi Partai Nasdem itu terkesan dengan ciri khas Rusli Habibie yang selalu menggunakan kopiah karanji, songkok khas Gorontalo di setiap acara nasional.

“Saya bahagia sekali bisa menyambut abang dan rombongan di sini. Saya bilang ke teman-teman kita harus siap menyambut, apalagi yang datang ini komandan saya. Saya sering ketemu abang baik itu di Sentul, di Istana Bogor, di Jakarta, Abang itu kayak ulama dengan “songkok Gus Dur” yang sudah menjadi ciri khas Abang,” kata Herman.

Herman mengaku menyesal sempat mengabaikan undangan Rusli Habibie, berkunjung ke Gorontalo untuk mengikuti Jelajah Wisata Sulawesi awal tahun kemarin. Namun Herman berjanji akan menggelar kunjungan balasan dengan mengajak komunitas pecinta mobil berwisata ke Gorontalo.

“Disini juga hadir komunitas komunitas otomotif. Kalau dari Makassar ke Gorontalo berapa lama bang? Kita agendakan ke Gorontalo. Kita carilah komunitas komunitas diajak ke sana, saya janji akan balas kunjungan Abang. Saya harap banyak yang ikut,” janji Herman.

Selain menggelar pertemuan di rumah jabatan, Gubernur Rusli bersama rombongan besok diagendakan berkunjung ke sejumlah destinasi wisata di Kota Palembang sebelum bertolak menuju Provinsi Lampung. (man/adv)