Kunker ke Kota Tebing Tinggi, Sudari: Walikota Mampu Bangkitkan Perekonomian Dimasa Pandemi

Kunker ke Kota Tebing Tinggi, Sudari: Walikota Mampu Bangkitkan Perekonomian Dimasa Pandemi

13/08/2020 15:23 0 By Maman

Walikota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan saat menerima rombongan DPRD Kota Medan. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Tebing Tinggi) – Wakil Ketua DPRD Kota Medan, Sudari mengakui kemampuan dan ketegasan Walikota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi Hasibuan, dalam upaya membangkitkan perekonomian masyarakat Kota Tebing Tinggi dimasa pandemi Covid-19.

Usai mendengarkan penjelasan Walikota Tebing Tinggi, Sudari menyampaikan salut dan bangga. Walikota Tebingtinggi kata Sudari, mampu menghidupkan geliat perekonomian masyarakat baik sektor industri maupun UMKM.

“Pemaparan pak Walikota ini tegas, dan terbukti mampu membangkitkan perekonomian masyarakat,” kata Sudari, dalam agenda kunjungan kerja DPRD Kota Medan ke Pemko Tebing Tinggi, Rabu (12/8/2020).

Sebelumnya, dalam agenda yang digelar di di ruang kerja Walikota Gedung Balai Kota, Kota Tebingtinggi, Walikota Umar Zunaidi Hasibuan memaparkan upaya yang dilakukan, dalam membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dampak dari pandemi Covid-19.

Upaya tersebut antara lain, penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak diluar penerima bantuan PKH, bantuan program sembako dan Bantuan Sosial Tunai (BST). Dalam DTKS dari Kemensos RI kata Walikota, terdaftar 12.137 KK.

“Kemudian, penerima PKH ada 4.644 KK, penerima bantuan program sembako 10.798 KK, penerima bantuan BST dari kantor pos 8.536 KK dan BLT melalui BRI dan BNI, ada 328 KK,” kata Walikota.

Untuk warga yang tidak terakomodir dalam data tersebut kata Walikota, dilakukan pendataan kembali melalui kecamatan dan kelurahan, hingga diperoleh data masyarakat Miskin Baru (Misba). Mereka mendapatkan bantuan sembako.

Verifikasi kata dia, dilakukan terhadap warga penerima BST yang dinilai sudah mampu seperti punya mobil dan rumah sewa. Hasilnya, hampir 300 KK lebih diganti dan usulkan kembali kepada Kementrian Sosial di pusat.

“Verifikasi dilapangan ini melibatkan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa,” ungkapnya.

Sektor UMKM juga digalakkan, menghindari gulung tikar atau bangkrut dengan meminta para pelaku UMKM membuat masker yang dipesan dan dibayar oleh Pemko Tebing Tinggi. Masker tersebut, kemudian dibagikan secara gratis kepada masyarakat.

Bahkan kata Walikota, hingga kini belum ada pengusaha di Tebingtinggi yang melakukan PHK kepada karyawan saat pandemi Covid-19. Para karyawan juga tetap menerima THR lebaran lalu. Survei yang dilakukan ke pasar-pasar juga kata dia, daya beli masyarakat di Kota Tebing Tinggi masih tinggi.

Hadir pula dalam agenda ini Sekdako Tebing Tinggi, Muhammad Dimiythi, dan para pimpinan OPD di Pemkot Tebing Tinggi. (Gabe)