Kunker Komisi E DPRD Jawa Timur di Kota Blitar, Santoso Paparkan Penanganan Covid-19

Kunker Komisi E DPRD Jawa Timur di Kota Blitar, Santoso Paparkan Penanganan Covid-19

15/08/2020 19:55 0 By Maman

Walikota Blitar, Santoso menerima Kunjungan Kerja Komisi E DPRD Jawa Timur dipimpin Dr. Sri Untari. (foto:istimewa)

Hulondalo.id (Kota Blitar) – Penanganan Covid-19 di Kota Blitar, dipaparkan Walikota Blitar, Santoso, saat menerima kunjungan kerja Komisi E DPRD Jawa Timur, Sabtu (15/8/2020). Agenda kunker ini digelar di Sasana Praja Kantor Walikota Blitar Jawa Timur.

Kunker para wakil rakyat yang dipimpin Anggota Fraksi PDIP Dr. Sri Untari bersama Ketua Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur, Woro Estu selaku dan anggota ini, untuk memonitoring percepatan penanganan Covid-19 di Kota Blitar.

Walikota Santoso mengatakan, meski agenda ini digelar dihari libur, namun semangat dalam penanganan Covid-19 tidak boleh surut. Walikota mengaku bangga, bisa bertemu dengan para wakil rakyat berbagi upaya penanganan Covid-19 di Kota Blitar.

“Perlu diinformasikan bahwa, data terakhir pasien positif Covid-19 mencapai 77 orang, yang dinyatakan sembuh ada 49 orang, meninggal 6 orang, sisanya dalam perawatan,” kata Walikota.

Penerapan protokol kesehatan secara ketat juga diakui Walikota, terus dilakukan antara lain karena, banyaknya aktivitas masyarakat yang terkonfirmasi kerja di kabupaten tapi domisilinya di kota. Begitu juga terhadap persiapan pelaksanaan belajar mengajar secara tatap muka, juga dilakukan secara ketat.

Kepada wartawan, Walikota juga menjelaskan bahwa, penyelenggaraan pendidikan, perjalanan dinas ASN dan menyongsong pemilukada, dibuatkan aturan yang ketat melalui Perwali agar tidak terjadi klaster baru. Sebab kata dia, klaster baru di Blitar muncul di klinik kesehatan dan perkantoran.

“Kerjasama dari semua pihak dibutuhkan, termasuk penerapan disiplin protokol kesehatan, guna memutus mata rantai Covid-19,” tutup Walikota.

Dalam kesempatan itu juga, bantuan sosial untuk warga yang terdampak, juga dijelaskan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Sekda Kota Blitar, Rudi Widjanarko. Rudi mengatakan, 3 bulan berturut-turut Pemkot Blitar telah mencairkan bansos untuk sekitar 13.750 KK dan 2.599 KK.

Baik itu, yang bersumber dari APBD Provinsi Jatim maupun Pemerintah Pusat, melalui kementerian terkait. Refocusing anggaran untuk tatanan kehidupan baru atau new normal juga dilakukan Pemkot Blitar. (Anang/Adv)