Kuota Sangat Terbatas, Antusias Simulasi Tes CPNS di Gorontalo Membludak

Kuota Sangat Terbatas, Antusias Simulasi Tes CPNS di Gorontalo Membludak

29/11/2019 09:14 0 By Alex

Simulasi tes CPNS di UPT BKN Gorontalo.

Hulondalo.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara Gorontalo menggelar simulasi tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) di kantornya jalan HDJ Rachman, Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, hari ini, Jumat (29/11/2019).

Pendaftaran untuk simulasi ini sejatinya telah dibuka sejak sehari yang lalu melalui http://bit.ly/simcatnov2019 dan dibuka hanya untuk 200 orang peserta. Tingginya antusias warga Gorontalo untuk mengikuti simulasi tes CPNS tersebut sempat membuat sistem sibuk. Terbatasnya kuota simulasi juga membuat banyak pelamar CPNS yang mengaku kecewa.

“Jadi kami paham, memang banyak yang belum bisa diakomodir pada simulasi tes CPNS kali ini. Karena belum setengah jam dibuka via online, pengunjungnya banyak sekali, bahkan web-nya sempat down. Tapi kedepan akan dibuka lagi,” ujar Kepala UPT BKN Gorontalo, Febriyanto Radjak kepada Hulondalo.id.

Bicara soal simulasi tes CPNS tersebut, sejatinya UPT BKN Gorontalo telah melakukan beberapa kali tes serupa, pun di luar momen ada penerimaan CPNS. Selain itu, ada pula kegiatan simulasi tes CPNS yang diinisiasi oleh pemerintah daerah.

“Kali ini adalah inisiatif dari kami. Sekarang dari Pemda belum ada, mungkin karena mereka masih sibuk untuk verifikasi administrasi/berkas CPNS. Tapi biasanya ada. Dan kalau ada permintaan, kamis siap membantu,” tambah Febriyanto.

Untuk masyarakat Gorontalo yang belum beruntung mengikuti simulasi tes CPNS, Febriyanto juga menyarankan agar bisa mengikuti tes via online yang dapat diakses melalui cat.bkn.go.id. Di situ, masyarakat dapat berlatih untuk soal-soal seleksi kompetensi dasar (SKD).

Salah seorang peserta asal Kecamatan Limboto, Rinto Ahmad (22) mengaku simulasi tes CPNS ini sangat penting baginya. Selain bisa mengetahui soal-soal yang bakal muncul saat tes CPNS, suasana offline dengan fasilitas ujian bak sungguhan akan sangat membantu saat ujian yang sebenarnya.(Alex)