Kurangi Sampah, DLH Pohuwato Ingatkan Pentingnya 3R

19/11/2019 16:48 0 By Yadin

Sosialisasi 3R dari DLH Pohuwato, Selasa (19/11/2019).

Hulondalo.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pohuwato menggelar sosialisasi 3R (Reduce, Reuse, Recycle) yang diikuti oleh 50 perserta dari pemerintah desa dan masyarakat, Selasa (19/11/2019).

Kadis DLH Pohuwato, Bahari Gobel menjelaskan, dengan adanya 3R, sampah yang dulunya hanya dibuang, kini justru akan dikelola.

“Sampah tidak semuanya dibuang. Tiga istilah ini adalah proses mengelola dan menangani sampah dengan berbagai macam yakni Reuse berarti menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan untuk fungsi yang sama ataupun fungsi lainnya. Reduce berarti mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan sampah, dan Recycle berarti mengolah kembali (daur ulang) sampah menjadi barang atau produk baru yang bermanfaat,” jelas Bahari.

Tahun 2017 kata Bahari, pemerintah pusat sudah mengeluarkan Jakstranas pada Oktober 2017 silam.

“Daerah diminta oleh pusat menyusun Jakstrada. Alhamdulillah di Pohuwato sudah selesai dan itu sudah di SK-kan bupati pada Oktober 2018. Di Jaksrada itu sudah diatur dari 2019 sampai 2025, kita usahakan sampah jadi 0 persen dengan adanya 30 persen pengurangan dan 70 persen penanganan,” terangnya.

Ikut ditambahkan Sekretaris DLH, Taib Dunggio bahwa, salah satu tujuan dari sosialisasi ini yakni meningkatkan pembinaan masyarakat khususnya kaum perempuan dalam pengelolaan persampahan, dan meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya 3R. (yadin/adv)