Lagi, Gubernur Serahkan 63 Unit RH-IR di Kota Gorontalo

Lagi, Gubernur Serahkan 63 Unit RH-IR di Kota Gorontalo

01/04/2019 23:25 0 By Alex

Bakti Sosial NKRI Peduli

Gubernur Rusli Habibie secara simbolis menyerahkan bantuan hunian layak dalam program RH-IR bagi warga Kecamatan Kota Barat dalam rangkaian Bakti Sosial NKRI Peduli, Senin (1/4/2019).

Hulondalo.id – Gubernur Rusli Habibie kembali merealisasikan hunian layak bagi warga kurang mampu khususnya di Kota Gorontalo.

Kali ini, sebanyak 63 unit Rumah Hunian Idaman Rakyat (RH-IR) diserahkan pada kegiatan Bakti Sosial NKRI Peduli yang digelar di Kelurahan Buliide, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo, Senin (1/4/2019).

Sebelumnya, 63 unit hunian layak dalam program RH-IR tersebut dianggarkan pada APBD Tahun 2018 dengan total senilai Rp 1,9 Miliar.

“Ini adalah bentuk komitmen kita, sesuai perintah bapak Presiden Joko Widodo agar negara harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Negara itu siapa? mulai dari presiden, gubernur, bupati dan walikota, termasuk juga kepala desa,” ucap Gubernur Rusli Habibie.

Menyangkut persoalan hunian layak bagi warga miskin, Gubernur Rusli Habibie mengakui jika anggaran Pemerintah Provinsi Gorontalo masih sangat terbatas. Pasalnya, sejak dirinya dilantik pada periode pertama sebagai Gubernur, tercatat ada sekitar 58.000 warga kurang mampu yang membutuhkan hunian layak.

“Olehnya, pada setiap kesempatan, saya berharap agar pemenuhan hunian layak ini tidak hanya menunggu dari pemerintah provinsi saja. Minimal, pemerintah desa yang sudah memiliki Dana Desa rata-rata Rp 1,3 Miliar mengalokasikan 10 unit rumah setiap tahun. Insya Allah, dalam 5 tahun kebutuhan hunian layak bagi warga kurang mampu akan cepat teratasi,” ujar Gubernur Rusli Habibie.

Tak lupa pada Bakti Sosial NKRI Peduli, Gubernur Rusli Habibie juga menyediakan pasar murah dan pelayanan kesehatan gratis. Ratusan, bahkan ribuan warga memadati kegiatan tersebut.(usman)