Lagi, Ribuan Warga Terdampak Banjir Bandang Pesisir Selatan Gorontalo

Lagi, Ribuan Warga Terdampak Banjir Bandang Pesisir Selatan Gorontalo

08/09/2020 17:37 0 By Alex

Banjir Gorontalo

Potret banjir bandang yang melanda wilayah pesisir selatan Gorontalo, tepatnya di Kecamatan Bulawa, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (8/9/2020).

Hulondalo.id – Banjir bandang akibat hujan deras kembali melanda pesisir selatan Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Selasa (8/9/2020).

Banjir bandang turut menyeret material longsor dan pepohonan hingga membuat puluhan rumah warga setempat dilaporkan rusak.

Tercatat pula, ada ribuan warga ikut terdampak pada banjir Kabupaten Bone Bolango itu. Data terakhir yang diperoleh Hulondalo.id hingga pukul 16.56 Wita, sedikitnya ada 3.597 jiwa di 6 desa di Kecamatan Bulawa ikut terdampak banjir bandang.

Jika dirinci masing-masing Desa Mopuya 600 jiwa, Desa Kaidundu Barat 195 jiwa, Desa Mopuya 600 jiwa, Desa Dunggilata 756 jiwa, Desa Mamungaa 410 jiwa dan Desa Mamungaa Timur 1.036 jiwa.

Banjir Gorontalo

Tim Ilato Brimob Polda Gorontalo diturunkan untuk membersihkan wilayah terdampak banjir Gorontalo.

Sejumlah aparat gabungan pun dikerahkan ke wilayah terdampak banjir bandang, khususnya di Kecamatan Bulawa. Pun hingga berita dilansir, belum ada laporan korban jiwa dalam musibah tersebut.

Namun akses di wilayah setempat menjadi sulit ditembus karena sejumlah titik jalan tertutupi material longsor.

“Ada 3 kecamatan yang terdampak banjir bandang, yakni Bulawa, Bone Raya dan Bone Pantai,” ucap Bupati Bone Bolango Hamim Pou ketika dikonfirmasi.

banjir Gorontalo

Sejumlah akses tertutupi material akibat banjir bandang.

Dikatakan Hamim, saat ini tim gabungan telah diturunkan ke lokasi terdampak banjir, mulai dari kepolisian, TNI, Dinas Sosial hingga BPBD Bone Bolango. Tim pun telah membuka dapur umum bagi warga terdampak banjir.

“Curah hujan saat ini masih tinggi, saya harap warga setempat untuk sementara menghentikan aktivitasnya, terutama di wilayah perbukitan untuk menghindari longsor,” tandas Hamim.(Jeff)