Lagi, Warga Pohuwato Ini Tangkap Buaya saat Ingin Cari Kepiting

13/06/2019 20:34 0 By Alex

Maryam S Badu (kedua dari kiri) saat menyerahkan kepada pihak kepolisian seekor buaya yang ditangkapnya saat mencari kepiting di muara Randangan, Kabupaten Pohuwato

Hulondalo.id – Lagi-lagi seekor buaya kembali ditangkap warga di Kabupaten Pohuwato. Kali ini buaya sepanjang 1,8 Meter ditangkap di muara Randangan oleh Maryam S Badu, warga Desa Manawa, Kecamatan Patilanggio.

“Iya benar. Kini buaya tersebut sudah kita amankan dan rencananya akan diserahkan ke pihak KSDA Pohuwato,” ucap Kapolres Pohuwato, AKBP Agus Widodo SIK MH kepada Hulondalo.id, Kamis (13/6/2019).

Sebelumnya, buaya tersebut ditangkap oleh Maryam S Badu saat hendak mencari kepiting di empang Desa Manawa, Kecamatan Patilanggio, Selasa (11/6/2019) sekitar pukul 23.00 Wita.  Tak lama kemudian, Maryam melihat ada seekor buaya panjang yang sedang mencari mangsa. Tanpa pikir panjang, Maryam pun menangkap buaya tersebut menggunakan tali.

Keesokan harinya, Maryam membawa buaya itu ke rumah orang tuanya di Desa Bulili, Kecamatan Duhiadaa, Pohuwato. Setelah itu, mereka melaporkannya ke Polsek Marisa.

Mengetahui adanya penemuan buaya oleh warga, Kapolres Pohuwato AKBP Agus Widodo SIK MH kemudian memerintahkan Satuan Reskrim Polres Pohuwato untuk mengamankannya. Setelah itu, Polres Pohuwato berkoordinasi dan menyerahkan buaya tersebut kepada pihak KSDA Sulawesi Utara Wilayah III Resor Panua, Kabupaten Pohuwato.

“Beruntung masyarakat sudah mengerti bahwa satwa liar seperti ini seharusnya dilindungi,” ungkap Kapolres Pohuwato, AKBP Agus Widodo SIK MH.

Kejadian serupa pernah terjadi beberapa waktu lalu. Seorang nelayan di Kecamatan Duhiadaa menangkap buaya sepanjang 4 Meter saat ingin mencari kepiting di muara Randangan.(Yadin)