Lahan Aren di Tilongkabila Terbakar, Api Sulit Dipadamkan

22/09/2019 20:26 0 By Yadin

Kebakaran lahan di Kecamatan Tilongkabila, Ahad (22/9/2019). (istimewa)

Hulondalo.id – Kebakaran lahan di Provinsi Gorontalo kembali terjadi. Kali ini, lokasinya berada di kompleks jalan bypass di Desa Bongoime, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Ahad (22/9/2019).

Peristiwa kebakaran itu melanda sebuah lahan yang penuh dengan tanaman aren dan hingga berita ini diturunkan belum diketahui berapa luasan yang terbakar.

Saat reporter Hulondalo.id tiba di lokasi, hanya ada satu orang yang berada di sana yakni seorang petugas Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC PB) Provinsi Gorontalo, Anton Hulima.

Anton mengatakan bahwa dirinya mengaku mendapatkan informasi terjadi kebakaran tersebut dari grup WhatsApp.

“Begitu dapat informasi kebakaran, saya langsung ke sini sendiri dan saat ini sementara menghubungi tim pemadam kebakaran,” ungkap Anton.

Lahan yang menjadi lokasi kebakaran tersebut terletak cukup jauh dari bahu jalan. Bahkan untuk mengaksesnya pun harus melewati pematang sawah. Sehingga warga sekitar pun hanya dapat menyaksikan peristiwa kebakaran tersebut dari kejauhan.

Selain itu, tepat di lahan yang terbakar tersebut jauh dari permukiman penduduk. Tepat pukul 19.30 Wita tadi, mobil Damkar Bone Bolango sudah berada di lokasi. Namun sampai dengan saat ini upaya pemadaman belum juga dilakukan karena selang untuk mendistribusikan air tidak cukup panjang.

Bukan hanya itu, juga tidak ada akses mobil Damkar untuk mendekat ke lokasi lahan yang tengah terbakar. Nah yang dikhawatirkan api akan terus membesar hingga menghanguskan seluruh lahan dan sekitarnya. Sebab beberapa pohon aren yang terbakar diantaranya mulai tumbang.

“Kalau selang dari Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo disambung mungkin baru bisa kami lakukan upaya pemadaman. Saat ini kami masih menunggu pemadam lebakaran dari provinsi,” tutup Anton. (tri)

loading...