Lahan Kritis Boalemo Capai 27,5 Persen, Ini Pesan Anas Jusuf

Lahan Kritis Boalemo Capai 27,5 Persen, Ini Pesan Anas Jusuf

04/03/2021 17:04 0 By Yadin

Pelaksana tugas Bupati Boalemo, Anas Jusuf membuka sosialisasi rehabilitasi hutan dan lahan pola agroforestry tahun 2021, Kamis (4/3/2021). (istimewa)

Hulondalo.id – Pelaksana tugas Bupati Boalemo, Anas Jusuf membuka sosialisasi rehabilitasi hutan dan lahan pola agroforestry tahun 2021, Kamis (4/3/2021).

Kegiatan itu diselengarakan oleh Balai Pengolahan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Bonebolango Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Sosialisasi ini dihadiri langsung oleh Kepala Balai Pengolahan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Bone bolango Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Heru Permana, Kabid Penegakan Hukum dan Rehabilitas Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, Khaerudin, Forkopimda, pimpinan OPD, dan Kepala Desa.

Disampaikan Anas, rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) merupakan upaya untuk memulihkan, mempertahankan, dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan. Sehingga bisa meningkatkan daya dukung produktivitas dan peranannya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan.

“Saat ini, kegiatan RHL telah memasuki paradigma baru dengan menempatkan masyarakat sebagai subyek dan obyek utama dalam pelaksanaannya yang ditranformasikan melalui agroforestry,” ungkapnya.

Kata Anas, RHL ini juga menjadi salah satu upaya dalam mereduksi lahan kritis di Indonesia yang sudah mencapai luasan 14,05 juta hektar. Untuk Kabupaten Boalemo sendiri, lahan kritis mencapai 50.154 atau 27,5 persen, yang diakibatkan adanya pemanfaatan lahan tidak sesuai fungsi dan peruntukannya serta kapasitasnya.

“Sehingga, saya mengharapkan kepada masyarakat agar dapat menjaga kelestarian lingkungan, untuk mencegah terjadinya longsor dan banjir,” pesan Anas. (Mg-03/adv)