Lantik BPD se Anggrek-Monano, Bupati: Kontrol & Awasi Anggaran di Desa

Lantik BPD se Anggrek-Monano, Bupati: Kontrol & Awasi Anggaran di Desa

06/07/2021 14:01 0 By Maman

Bupati Indra Lantik BPD Anggrek dan Monano

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin melantik anggota BPD se Kecamatan Anggrek dan Monano. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin meminta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar mengingatkan, mengontrol dan mengawasi pelaksanaan anggaran yan ada di Desa, seperti penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD).

“Pengawasan BPD sangat penting agar pelaksanaan dilapangan bisa sinkron dan terawasi dengan baik,” ungkap Bupati usai melantik Anggota BPD di Kecamatan Anggrek dan Kecamatan Monano, Senin (5/7/2021).

Penyelewengan atau penyimpangan dalam hal penggunaan dana desa kata Bupati, harus ditekan sekecil mungkin, termasuk dana dari kabupaten maupun dana lainya yang ada di desa.

Bupati Indra menjelaskan, BPD merupakan mitra kerja Kepala desa. Olehnya, dalam pelaksanaan tugas, keduanya saling memberikan informasi, saling bermusyawarah, apalagi dalam pembahasan APBDes.

“Tentu ada program-program desa juga, maka perlu kebersamaan kedua institusi ini,” ujar Bupati.

BPD juga lanjut Bupati, lembaga perwakilan masyarakat di desa. Sebab itu, BPD punya tugas untuk menjembatani dan menghimpun aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang dibawah, kemudian dibahas bersama-sama dengan Kepala Desa, apa yang menjadi harapan dan kebutuhan masyarakat yang ada di desa.

“Sebab itu saya harapkan, jangan berdasarkan keinginan, tapi berdasarkan kebutuhan yang ada di desa,” tukasnya.

Bupati juga meminta agar BPD dan Kepala Desa bekerja sama membangun desa, memberikan dorongan kepada masyarakat, termasuk menciptakan harmonisasi antara kedua lemaga tersebut dan itu kewajiban bagi keduanya untuk menciptakan harmonisasi di desa masing-masing.

“Dengan demikian masyarakat akan terayomi, dan saya kira masyarakat juga bisa semangat untuk membangun desanya ketik kedua Lembaga ini bekerja sama dan tidak terjadi gesekan-gesekan. Gesekan memang pasti ada tapi jangan sampai mencerai beraikan persatuan yang ada di desa,” tandas Bupati (Prin/Adv)